comScore
Share by :

Bolehkan Bayi 4 Bulan Mulai Makan? Cari Tahu di Sini, Moms!

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/3e8b1b8df4c533736ac66abebbc84439.jpeg

MPASI atau makanan pendamping ASI akan diberikan pada bayi saat menginjak usia tertentu. Menurut World Health Organization (WHO) dan juga Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), disepakati bahwa batas aman pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) yaitu pada usia 6 bulan.

Hal ini dikarenakan saluran cerna sudah bekerja dengan baik dan refleks mendorong makanan dari mulut ke tenggorokan dan masuk ke lambung juga sudah lancar. Tapi apakah boleh MPASI saat bayi berumur 4 bulan? Simak di bawah ya, Moms!

Sebelum Moms memberikan MPASI pada si kecil perhatikan gejala-gejala pada si kecil. Biasanya bayi yang siap makan akan menunjukkan gejala umum seperti ini,
  • bayi tertarik saat melihat makanan
  • bayi tertarik dan menatap saat melihat Moms makan atau mengunyah makanan
  • bayi sering memasukkan tangan ke mulut
  • mulut bayi akan sering mengecap atau mengeluarkan suara menirukan saat Moms makan
  • mulut bayi terbuka secara otomatis saat Moms mencoba memasukkan sendok ke dalamnya
  • bayi lapar bukan pada saat jam menyusui
Adapun alasan khusus pemberian MPASI saat bayi 4 bulan, yaitu kurangnya berat badan ideal bayi dan bayi tidak tertarik atau kurang tertarik dengan menyusui lagi.
Bolehkan Bayi 4 Bulan Mulai Makan? Cari Tahu di Sini, Moms!
Image Source:http://mysouthernhealth.com
Apabila Moms menemukan si kecil sudah menunjukkan gejala di atas, artinya si kecil sudah siap diberi MPASI. Tapi coba terlebih dahulu Moms, dengan memasukkan sendok berisi air putih ke dalam mulutnya. Apakah si kecil merespons baik dan menjulurkan kepalanya untuk mencapai sendok atau tidak. Bila si kecil tidak meresponsnya, coba keesokan harinya.

Namun, bila si kecil tidak menunjukkan gejala di atas, maka sebaiknya jangan diberi MPASI terlebih dahulu. MPASI terlalu dini dapat mengakibatkan reaksi alergi, gangguan saluran pencernaan (seperti sembelit dan diare) dan muntah. Sebaikanya pemberian MPASI pada usia 4 bulan dikonsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu.
 
baca juga
Untuk bayi 4 bulan makan MPASI, alangkah baiknya dimulai dari makanan yang lembut dan halus. Jangan mulai dengan makanan yang padat, mulailah dengan bubur susu atau bubur sereal. Konsistensi MPASI pada bayi 4 bulan lebih baik mencakup padat dan cair. Agar memudahkan makanan masuk ke saluran pencernaan dan tidak menimbulkan gangguan.
 
Berikut rekomendasi MPASI untuk bayi 4 bulan:

1. Sereal atau Bubur bayi

Sereal bayi adalah MPASI pertama yang direkomdasikan untuk bayi 4 bulan makan. Sereal umumnya tidak mengandung bahan-bahan pencetus alergi pada bayi dan tekstur lembutnya tidak membuat bayi sembelit. Sereal bayi dapat disajikan dengan susu formula atau ASI. Moms bisa coba cerelac dengan rasa yang beragam. Perhatikan saat bayi 4 bulan makan cerelac, apakah si kecil menyukainya atau tidak. Moms bisa ganti varian rasa agar bayi tidak mudah bosan.

Tak hanya cerelac, saat ini cukup banyak varian sereal atau lebih akrab dikenal dengan bubur bayi di pasaran. Moms bisa mencoba beberapa merek lain untuk melihat kesukaan si kecil. Moms dapat memberikan bayi 4 bulan makan sun atau bubur sun dengan rasa favorit, pisang susu. Atau coba bayi 4 bulan makan bubur milna dengan protein ayam dan sayur. Jangan khawatir, bila si kecil tidak suka dengan seral atau bubur bayi, coba beragam merek dan rasa untuk mencari tahu kegemaran si kecil.
Bolehkan Bayi 4 Bulan Mulai Makan? Cari Tahu di Sini, Moms!
Image Source:http://express.co.uk
baca juga
2. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk si kecil. Biasakan dari bayi untuk menggemari buah-buahan. Selalu haluskan atau lembutkan daging buah saat memberikan MPASI. Buah yang sering direkomendasikan untuk MPASI adalah buah pisang.

Bayi 4 bulan makan pisang dapat memberikan banyak manfaat untuk menunjang pencernaan dan pertumbuhan. Selain itu, bayi 4 bulan makan buah dapat berupa campuran buah yang dihaluskan atau diblender, seperti campuran apel dan alpukat. Alpukat sendiri dapat disajikan sebagai MPASI dengan cara dikerok dan dihaluskan
Bolehkan Bayi 4 Bulan Mulai Makan? Cari Tahu di Sini, Moms!
Image Source:http://mumsgrapevine.com.au
3. Sayuran

Serupa dengan buah, Moms bisa memberikan sayur sebagai MPASi si kecil. Pastikan sayur dalam kondisi matang ya Moms. Lebih baik sayuran direbus atau dikukus terlebih dahulu dan dihaluskan. Bisa dibuat puree atau bubur dengan cara menghaluskan dengan blender atau food processor dicampur dengan susu formula atau ASI agar teksturnya lebih lembut dan cair. Sayuran yang sering dibuat puree untuk MPASI adalah ubi jalar, wortel dan labu.
Bolehkan Bayi 4 Bulan Mulai Makan? Cari Tahu di Sini, Moms!
Image Source:http://parents.com
Nah, itu dia penjelasan MPASI untuk bayi berusia 4 bulan. Sangat wajar bila si kecil menolak makanan atau tidak mau makan. Biarkan dulu dan coba lagi nanti setelah beberapa saat Moms, jangan dipaksakan. Lihat juga apakah si kecil tidak suka atau bosan dengan menu MPASI tersebut, Moms bisa coba variasi lain. Apabila ada tanda-tanda reaksi alergi setelah pemberian MPASI, segera hentikan dan periksa ke dokter ya Moms! Tetap semangat ya, Moms!
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles