comScore
Share by :

Jangan Sembarangan Moms, Ini Jenis Pisang yang Cocok untuk Bayi 6 Bulan Ke Atas

Bookmark
Image Source:http://www.babydigezt.com/wp-content/uploads/2014/10/Fotolia_39037835_Subscription_Monthly_M.jpg

Moms terkadang masih bingung memberikan makanan yang cocok untuk buah hati yang baru menginjak usia 6 bulan? Moms bisa memberikan pisang untuk menambah gizi sang buah hati. Tapi tidak semua pisang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas, lho.

 
Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai mengenal menu makanan lain selain ASI. Memilih asupan yang baik untuk bayi pun sangat penting, Moms. Sedikit sulit memang untuk menentukan makanan apa saja yang cocok untuk bayi yang baru berusia 6 bulan. Pasalnya di usia tersebut, bayi masih belum bisa mencerna makanan dengan baik. Tapi bagaimana dengan pisang? Ya, pisang sering menjadi pilihan para orangtua sebagai makanan bayinya. Tetapi ingat ya Moms, tidak semua jenis pisang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas. Mungkin bagi sebagian orangtua, terlebih yang baru saja menjadi ibu, belum tahu pisang apa saja yang cocok untuk dikonsumsi bayinya. Maka dari itu, simak penjelasan lengkapnya.


 

1. Pisang Susu
Pisang susu bisa Moms berikan untuk bayi sekaligus melatih bayi dalam mengunyah. Jenis pisang satu ini cocok dikonsumsi bayi usia 6 bulan ke atas, karena pisang susu memiliki tekstur yang sangat lembut, serta ukuran pisangnya yang kecil. Mudah sekali dicerna oleh bayi yang belum memiliki gigi. Pisang susu juga memiliki manfaat seperti membantu pencernaan, melancarkan metabolisme, sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat, serta membantu tumbuh kembang buah hati, karena pisang susu mengandung mineral, vitamin, dan serat.
1. Pisang Susu
Image Source:https://i0.wp.com/www.jia-xiang.biz/wp-content/uploads/2017/03/Pisang_susu.jpg?fit=600%2C433&ssl=1
baca juga
2. Pisang Emas
Sama halnya dengan pisang susu, pisang emas juga mengandung vitamin, mineral, dan karbohidrat. Bayi usia 6 bulan ke atas cocok mengonsumsi pisang emas ini karena bagus untuk pencernaan. Pisang emas juga memiliki ukuran yang kecil, rasanya sangat manis yang mampu membantu bayi mengenal jenis rasa lewat lidahnya, dan memperkuat tulang bayi, lho. 
2. Pisang Emas
Image Source:http://www.egrafis.com/images/15-manfaat-dan-khasiat-pisang-mas-untuk-kesehatan-khasiat.jpg
3. Pisang Ambon

Nama pisang ambon mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Moms. PIsang ambon tak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa saja, bayi 6 bulan ke atas pun sudah bisa mencernanya. Kalau Moms ingin memberikan pisang ambon, bisa langsung dikerok daging buahnya karena pisang ini memiliki tekstur yang lembut. Kandungan kalori pada pisang ambon ini baik untuk proses metabolisme bayi. Selain itu, pisang ambon memiliki manfaat lain seperti menambah sumber energi karena mengandung kalium yang tinggi, serta membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik karena mengandung serat.

3. Pisang Ambon
Image Source:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRlXEyTiG36ZlfQj3Ic5pw9EeB85rtjVLyxM8obPLuPT9W6aZud
baca juga
4. Pisang Kepok


Jenis pisang lainnya yang cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas adalah pisang kepok. Jenis pisang ini mungkin agak sedikit keras, tapi tetap lembut, maka Moms bisa melakukan cara dengan menghaluskan atau merebusnya. Hal pentingnya lagi, pisang kepok bisa memperkuat sistem imun tubuh. Cocok bukan untuk bayi, Moms? Cocok juga, lho, dikonsumsi oleh ibu menyusui, apalagi jika anak sedang mengalami diare, moms bisa sering-sering memakan pisang kepok. 

4. Pisang Kepok
Image Source:https://cdn-images-1.medium.com/max/1600/1*CSDWAL6AonQNe7o1zaPgZg.jpeg
Bagaimana, Moms? Terjawab sudah kan jenis pisang yang cocok untuk bayi, Moms? Pastikan juga ya untuk memberi jenis-jenis pisang di atas dalam keadaan pisang dihaluskan atau dihancurkan. Selain itu, pisang harus dalam keadaan matang yang sempurna. 
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles