comScore
Share by :

Mengajarkan Kasih dan Mengasihi Lewat Cerita Anak di Sekolah Minggu

Bookmark
Image Source:https://pbs.twimg.com/media/DV4GeSTVwAUOhra.jpg

Mengajarkan anak-anak bisa melalui berbagai cara moms dan salah satunya adalah melalui cerita. Setiap hari Minggu biasanya kita pergi ke gereja dan membawa anak-anak untuk mengikuti kegiatan sekolah Minggu.

Cerita Anak Sekolah Minggu Tentang Kasih


Membagikan cerita kepada anak-anak harus disesuaikan dengan usia anak ya moms. Bagi anak-anak yang berusia lebih kecil bisa dimasukkan ke dalam cerita anak sekolah Minggu kelas kecil sehingga cerita yang dibagikan bisa disesuaikan. Karena cerita yang tidak sesuai dengan usia anak bisa membuat anak malah menjadi bingung dengan inti dan pesan dari cerita tersebut. 

Cerita anak sekolah Minggu tentang kasih bisa membantu anak memahami dan mengerti tentang dasar dan arti dari kasih dan mengasihi. 

Berikut ini adalah salah satu contoh cerita anak sekolah Minggu tentang Kasih 

SEMUT DAN KEPOMPONG

Di suatu hutan yang rindang, hidup berbagai binatang buas dan jinak. Ada kelinci, burung, kucing, capung, kupu-kupu dan yang lainnya. Pada suatu hari, hutan dilanda badai yang sangat dahsyat. Angin bertiup sangat kencang, menerpa pohon dan daun-daun. Kraak! terdengar bunyi dahan-dahan berpatahan. Banyak hewan yang tidak dapat menyelamatkan dirinya. Badai baru berhenti ketika pagi menjelang. Matahari kembali bersinar hangatnya.

Tiba-tiba dari dalam tanah muncul seekor semut. Si semut terlindung dari badai karena ia bisa masuk ke sarangnya di dalam tanah. Ketika sedang berjalan, ia melihat seekor kepompong yang tergeletak di dahan daun yang patah.

Si semut bergumam, “Hmm alangkah tidak enaknya menjadi kepompong, terkurung dan tidak bisa kemana-mana. Menjadi kepompong memang memalukan! Coba lihat aku, bisa pergi ke mana saja ku mau,” ejek semut pada kepompong. Semut terus mengulang perkataannya pada setiap hewan yang berhasil ditemuinya.

Beberapa hari kemudian, semut berjalan di jalan yang berlumpur. Ia tidak menyadari kalau lumpur yang diinjaknya bisa menghisap dirinya semakin dalam. “Aduh, sulit sekali berjalan di tempat becek seperti ini,” keluh semut. Semakin lama, si semut semakin tenggelam dalam lumpur. “Tolong! tolong,” teriak si semut.

“Wah, sepertinya kamu sedang kesulitan ya?” Si semut terheran mendengar suara itu. Ia memandang kesekelilingnya mencari sumber suara. Dilihatnya seekor kupu-kupu yang indah terbang mendekatinya.

“Hai, semut aku adalah kepompong yang dahulu engkau ejek. Sekarang aku sudah menjadi kupu-kupu. Aku bisa pergi ke mana saja dengan sayapku. Lihat! sekarang kau tidak bisa berjalan di lumpur itu, ‘kan?”

“Yah, aku sadar. Aku mohon maaf karena telah mengejekmu. Maukah kau menolongku sekarang?” kata si semut pada kupu-kupu. Akhirnya kupu-kupu menolong semut yang terjebak dalam lumpur penghisap. Tidak berapa lama, semut terbebas dari lumpur penghisap tersebut.

Setelah terbebas, semut mengucapkan terima kasih pada kupu-kupu. “Tidak apa-apa, memang sudah kewajiban kita untuk menolong yang sedang kesusahan bukan? Karenanya kamu jangan mengejek hewan lain lagi, ya?” Karena setiap makhluk pasti diberikan kelebihan dan kekurangan oleh yang Maha Pencipta. Sejak saat itu, semut dan kepompong menjadi sahabat karib.


“Tetapi Aku berkata kepadamu:
Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.”

Matius 5:44

Cerita Anak Sekolah Minggu Tentang Kasih
Image Source:https://blogspot.com/


 

Cerita Anak Sekolah Minggu dari Alkitab


Selain kisah di atas tentang kasih beberapa kisah dari Alkitab juga banyak yang bisa dipelajari untuk anak-anak. Antara lain kisah tentang Yohanes pembaptis atau kisah tentang Ayub. 

Cerita anak sekolah Minggu tentang Ayub akan mengajarkan anak-anak tentang  berpegang teguh pada Tuhan. Pada cerita tentang Ayub anak-anak diajarkan tentang betapa Ayub tetap mengasihi dan menyayangi Tuhan walaupun Ayub diberi berbagai cobaan. Dan berkat untuk Ayub setelah melalui segala cobaan yang diberikan Tuhan adalah berkat kembalinya semua kehilangan yang Ayub alami. 

Selain kisah Ayub yang sangat menginspirasi ada juga cerita anak sekolah minggu tentang Yohanes Pembaptis yang bercerita tentang proses pertobatan. Mungkin bagi anak-anak usia kecil akan bingung kalau dibahas masalah pertobatan. Moms bisa mengunakan istilah yang lebih sederhana yaitu jalan orang benar contohnya. Bagaimana Yohanes Pembaptis mengajak rakyat Israel untuk dibaptis agar kembali suci dan terhapuskan dosanya. 

Dan cerita yang paling digemari anak-anak pastinya adalah cerita anak sekolah Minggu tentang natal. Pada dasarnya di alkitab tidak disebutkan secara eksplisit kalau natal itu jatuh pada tangga 25 Desember, akan tetapi di alkitab ada cerita tentang bagaimana proses lahirnya juru selamat yaitu Yesus Kristus.

Cerita inilah yang bagus sekali anak-anak pahami, bagaimana Maria dan Yusuf berusaha mencari tempat untuk melahirkan dan rencana Allah bahwa Yesus akan melahirkan di dalam kandang domba. Orang-orang pun menyambut kelahiran Yesus Kristus.

Selain cerita-cerita di atas masih ada banyak lagi cerita yang bisa kita berikan kepada anak-anak baik di rumah maupun saat sekolah minggu. Yang terpenting adalah bagaimana cara menyampaikan ceritanya. Mengunakan bahasa sederhana yang anak-anak mudah pahami. 

Selamat membuat cerita dan berbagi moms. 

Cerita Anak Sekolah Minggu dari Alkitab
Image Source:http://clipart-library.com
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles