comScore
Share by :

Etika dan Tips Makan di Restoran

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/5e76d1c50da30ae40bcf06984738e2ab.jpeg

Hola Mommies!

Kali ini saya mau share pengalaman masa MPASI Raline di restoran. Biasanya bagi para ibu-ibu yang memasuki masa MPASI, selain pilihan menu, trik makan di restoran juga menjadi pemikiran tersendiri. Mulai dari pilihan menu dan peralatan makan yang mungkin agak berbeda dari sesi makan di rumah.

Berhubung saya menerapkan BLW ke Raline sejak memasuki masa MPASI di usia 6 bulan, maka tips yang mau saya sampaikan adalah tips mencegah huru hara di restoran atau berantakan tiada tara. Mengenai hal ini banyak juga ditanyakan di IG @raline_blw, "bagaimana blw-an di mall atau restoran?".



Metode makan apapun, ketika dilakukan di luar rumah maka ada aturannya tersendiri. Seberapa besar keinginan orangtua memberikan kesempatan ke anak untuk explore makanannya, tetap ada batasan ketika bukan di rumah sendiri. Ketika makan di restoran, tentu kita harus memikirkan kenyamanan pengunjung lain dan pelayan restoran. Jangan sampai karena gaya makan anak kita yang masih berantakan, mengganggu kenyamanan mereka.


Mandi lagiii~~

Untuk mengurangi ketidaknyamanan pengunjung lain dan pelayan restoran, perlu diperhatikan beberapa hal.

1. Pilihan Menu. Menu yang biasa saya bawa untuk berpergian adalah yang kering. Olahan nugget, perkedel, beef patty, tempe goreng, dan sejenisnya. Kok ngebayanginnya seret ya? Gak kok, kan ada minum. Saat berpergian juga saya tidak pernah membawa nasi. Karena Raline kalau makan nasi (saat awal MPASI) sangat berantakan dan lengket dimana-mana. Saya hindari juga menu telur karena amis. Kok menunya gak lengkap ya? Ga ada sayur atau buah? Iya, memang tidak selengkap kalau di rumah. Selain takut cepat rusak kualitas sayur dan buah saat berpergian lama, Raline makan di restoran tidak setiap hari, jadi bisa menyusul buah dan sayurnya di rumah. Setelah usia 1 tahun sudah aman konsumsi gula garam, keterampilan makan juga semakin baik, saya mulai jarang bawa bekal. Biasanya ikut menu yang ada di restoran.


Abaikan muka jutek memi dikala kelaparan. Ini Raline bawa bekel perkedel ayam. Bawanya banyak di tempat makan susun, tapi dikasi satu-satu biar tidak terbuang ke lantai.


Posisi duduk diantara Ayah dan Memi. Agar tetangga sebelah tidak terganggu hehehe.

2. Peralatan Makan. Berhubung menu yang dibawa kering dan cukup tahan seharian, jadi bisa dibawa dengan tempat makan biasa tidak perlu yang tahan panas. Sampai usia 1 tahun juga Raline belum menggunakan sendok, hanya dengan tangannya jadi saya tidak bawa sendok garpu. Slaber/ bib/ celemek/ apron ini wajib bawa. Kalau bisa yang ada kantung dibawahnya, untuk mengurangi makanan jatuh berantakan ke lantai restoran. Saat ini hampir di tiap restoran memiliki high chair jadi tidak perlu lagi memangku saat makan. Alas makan karet sudah banyak sekali dijual dimana-mana. Dulu, jaman Raline awal MPASI alas makan ini belum ada, jadi saya pakai piring yang ada di restoran. Tangan kiri saya tahan piring Raline agar tidak jatuh pecah, tangan kanan tetap makan dong hehehe.

Image Source: mothercare.scene7.com
Alas makan karet mudah dibawa-bawa.



Bib pink yang selalu setia menemani kemanapun Raline makan. Tambah tisu lagi biar gak tumpah ke celana.

3. Bersihkan Bekas Makan Anak. Walaupun makanan yang dibawa kering dan peralatan mendukung untuk mengurangi berantakan, biasanya tetap ada yg berjatuhan dan bertebaran di tray high chair-nya. Saya dan suami bagi tugas, saya rapikan bagian atas, suami memungut yang di lantai dengan tisu. Kasihan pelayannya kalau harus menyapu khusus meja Raline. Nah, kalau tipe anak mommies masih suka melempar makanan, perlu dipikirkan lagi agar jangan sampai dia melempar makanan ke arah pengunjung lain. Mungkin bisa pilih tempat duduk di pojok ruang atau bantu arahkan tangannya ke mulut. Jika tetap tidak bisa dan tetap melempar kemana-mana, disuapin aja ya moms kalau di restoran.

Oh, jangan lupa bawa tisu basah dan hand sanitizer 1 truk. 

Setelah selesai urusan yang ini, ada lagi yang harus saya hadapi moms, tatapan sinis (entah sinis atau penasaran) pengunjung lain melihat Raline makan sendiri dengan tangan (baca DISINI ya moms). Selamat makan!

Catch up later on my next post :)

  • #Tips
  • #parenting
  • #BLW
Komentar Artikel Ini
{{comment_count||0}}
Sort by{{sorted_by}}
Like!
Newest
Reply
  • {{comment.nam}}
    {{ comment.nam }}
    {{ comment.commented_at }}
    Edit
    Delete
    Reply
    {{comment.gd}} Likes
    {{comment.bd}} Bads
    Delete
    This comment was deleted.
more comments >>
Loading...
Latest
You should cek also
Tags:

    Recommended
    Recommended Forum
    Popular Forum
    Related Articles
    Related Articles
    My Clips
    Popular Articles
    Category Articles