comScore
Share by :

Tips Memilih Sekolah (Preschool) Anak

Bookmark
Image Source:https://www.brooklinelibrary.org/wp-content/uploads/2017/08/happy-hands-2.jpg

Hola Mommies!

Sudah penghujung tahun nih. Ada yang lagi mencari sekolah untuk anak? Sudah mulai buka pendaftaran loh, bahkan di beberapa sekolah sudah mulai pendaftaran gelombang 3. Bikin panik


Image Source: littletikescommercial.com

Atau masih bingung menentukan kriteria sekolah yang tepat untuk anak? Maklum untuk preschool saat ini banyak sekali pilihannya dari yang harga murah hingga selangit, dari yang fasilitas minim sampai super lengkap. Untuk pengalaman pertama anak sekolah, tentunya orangtua sangat berhati-hati memilih. Berikut tips menurut saya yang bisa dijadikan pertimbangan:

1. Pahami tentang pertumbuhan (fisiologis) dan perkembangan (psikologis) anak pada tiap tahap. Cari tahu tentang apa yang sedang dilalui dan apa yang harus dicapai.
 
2. Cari sekolah dengan metode dan fasilitas yang bisa mendukung tahap tumbuh kembang tersebut. Fasilitas termasuk pengajarnya. Penting sekali memiliki pengajar yang well trained untuk menghadapi anak-anak sehingga bisa menyampaikan materi dengan baik namun tidak memaksakan dan SABAR.


Image Source: educationdegree.com

3. Beberapa sekolah biasanya memberikan free trial. Gunakan sebaik-baiknya, namun pahami kalau free trial lebih ditujukan untuk orangtua bukan anak. Maksudnya, free trial bukan untuk melihat anak betah di kelas/tidak, menangis/tidak, mau masuk kelas/tidak. Anak pada usia preschool belum bisa menentukan sekolah mana yang baik untuk mereka. Free trial tujuannya agar orangtua bisa melihat bagaimana sekolah menyampaikan metode mereka. Anak menangis atau tidak betah diawal sangat wajar. Apabila metode, fasilitas, dan lingkungan sekolah sudah sesuai kebutuhan, lama kelamaan anak akan berhasil beradaptasi.


Image Source: shutterstock.com

4. Jarak dan biaya. Sebisa mungkin cari yang terdekat. Jangan sampai anak usia preschool terbebani dengan jarak jauh, macet, dan diburu-buru. Untuk biaya tentunya sangat relatif ya, tapi kalau saya pribadi, memilih yang tidak terlalu mahal bagi kantong saya. Biar tetap bisa jalan-jalan dan beli lipstik memi. Bukannya egois atau tidak mengutamakan pendidikan anak, tapi usia preschool memang pendidikan utamanya masih di dalam rumah. 

Kebetulan, minggu lalu anakku Raline sudah daftar sekolah. Baca disini ya. Yeaaayy! Akhirnyaaaa memi bisa menentukan pilihan juga. InsyaAllah tahun depan Raline sekolah untuk pertama kalinya. 


Image Source: stockfresh.com

Catch up later on my next post :)

  • #Tips
  • #preschool
  • #bermain
  • #belajar
Komentar Artikel Ini
{{comment_count||0}}
Sort by{{sorted_by}}
Like!
Newest
Reply
  • {{comment.nam}}
    {{ comment.nam }}
    {{ comment.commented_at }}
    Edit
    Delete
    Reply
    {{comment.gd}} Likes
    {{comment.bd}} Bads
    Delete
    This comment was deleted.
more comments >>
Loading...
Latest
You should cek also
Tags:

    Recommended
    Recommended Forum
    Popular Forum
    Related Articles
    Related Articles
    My Clips
    Popular Articles
    Category Articles