comScore
Share by :

Tips Menaikkan BB Anak Ala Memi

Bookmark
Image Source:https://www.babycenter.com/ims/2015/05/iStock_20990020_wide.jpg,qwidth=505.pagespeed.ce.dBOIWuXLbZ.jpg

Hola mommies!

Sebenarnya saya dan suami bukan tipe yang mengharuskan anak tampil gemuk. Yang kami utamakan itu berat badan proporsional sesuai dengan tabel pertumbuhan dari dokter (bisa dibaca disini) dan sehat. Asalkan sehat tumbuh kembangnya, sesuai dengan usianya, itu sudah cukup. 

Saya menerapkan BLW untuk Raline sejak memasuki masa MPASI di usia 6 bulan (lebih jelasnya bisa baca disini). Porsi makannya juga menurut saya normal. Alhamdulillah sampai sekarang juga saya tidak pernah mengalami kesulitan yang terlalu berarti soal makan Raline, kecuali saat awal-awal memulai BLW.

Namun, pernah saat usianya 2 tahun 10 bulan BBnya walaupun masih kategori aman, tapi mendekati garis bawah. Cukup resah saat itu hehehe. Lalu saya coba atur ulang asupannya. Yang sudah baik saya pertahankan, yang kurang baik saya ubah.

Saya sudah pernah share tips ini di IG anak saya @raline_blw. Saya share lagi ya disini. Saya belum pernah mengunjungi ahli gizi. Tips ini berdasarkan konsul dengan DSA, googling, dan info dari sekitar. 



Biskuit yg saya maksud disini adalah cemilan-cemilan kopong yang kurang berfaedah hehehe. Dan bukannya saya anti makanan instan, sama sekali gak. Tapi karena lagi program, saya coba bikin sendiri. Maksudnya biar bisa masukkan ingredients tambahan sendiri. Misal cake tapi ditambahkan alpukat di adonannya.

Madu berbahaya untuk dikonsumsi dibawah usia 1 tahun ya moms.

Susu yang Raline konsumsi disini UHT.


Setelah saya terapkan pola di atas selama 1 bulan, BBnya menunjukkan kenaikkan dari 11,5kg menjadi 12,1kg. Wohelaaahhh kok nambahnya dikit? Percayalah moms, kenaikkan segitu berarti untuk Raline. Saya terus terapkan seperti ini sampai saya puas dengan BB Raline. Kategori normal tidak mepet bawah (apaaa deh ini istilah sendiri haha). Saat ini masih ada beberapa yang saya pertahankan tapi ada yang saya ubah kembali seperti boleh nyemil biskuit lagi atau cemilan-cemilan kopong lainnya hehehe. Madu jadi 1 kali sehari.

Saya tidak tahu mana yang paling berperan dari kelima tips diatas. Mungkin karena kombinasi kelimanya. Saya juga percaya metabolisme anak beda-beda. Bisa jadi cara ini cocok untuk Raline, tapi tidak cocok untuk anak lainnya. Silahkan dipilih saja mana yang cocok ya moms.

Catch up later on my next post :)

  • #Tips
  • #beratbadan
  • #polamakan
Komentar Artikel Ini
{{comment_count||0}}
Sort by{{sorted_by}}
Like!
Newest
Reply
  • {{comment.nam}}
    {{ comment.nam }}
    {{ comment.commented_at }}
    Edit
    Delete
    Reply
    {{comment.gd}} Likes
    {{comment.bd}} Bads
    Delete
    This comment was deleted.
more comments >>
Loading...
Latest
You should cek also
Tags:

    Recommended
    Recommended Forum
    Popular Forum
    Related Articles
    Related Articles
    My Clips
    Popular Articles
    Category Articles