comScore
Share by :

Mengapa Anak Demam Justru Menggigil? Alasan Ini Jadi Penyebabnya, Bund!

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/cfc71b2e2806b8ca88d833316c770159.jpeg

Kenapa tubuh anak menggigil saat demam? Apakah anak selalu menggigil saat terserang demam? Sebenarnya Bunda, menggigil adalah reaksi alami tubuh saat kedinginan. Namun terkadang tubuh bisa menggigil walau tidak terpapar suhu dingin.

Tubuh mempunyai mekanisme alami saat terpapar suhu panas atau dingin. Misalnya, tubuh akan berkeringat saat suhu panas dan menggigil saat kedinginan. Kondisi tubuh yang menggigil juga bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit. Berikut ini beberapa penyebab tubuh anak menggigil saat demam yang perlu Bunda ketahui:

Menggigil adalah tanda tubuh sedang melawan bakteri dan virus
Menggigil dapat menjadi tanda tubuh sedang berusaha melawan infeksi bakteri dan virus. Menggigil adalah mekanisme sistem imun tubuh untuk menaikkan suhu tubuh melawan virus dan bakteri.

Adanya perbedaan suhu tubuh dengan suhu ruangan sekitar
Tubuh juga dapat menggigil apabila terjadi perbedaan antara suhu tubuh dengan suhu ruangan. Misalnya saat tubuh berbaring cukup lama di ruang operasi yang dingin. Hal ini dapat membuat suhu tubuh menurun dan menggigil.

Tubuh mengalami dehidrasi saat demam
Saat mengalami dehidrasi, tubuh secara otomatis membatasi aliran darah. Kondisi ini membuat pengaturan suhu tubuh menjadi lebih sulit. Akibatnya, tubuh lebih mudah kedinginan dan menggigil bahkan saat tidak berada di ruangan yang dingin. Minum lebih banyak air putih membantu mencegah dan mengatasi kondisi ini.

Kadar gula dalam tubuh menurun
Kadar gula dalam darah yang menurun dapat memicu respons menggigil. Kondisi ini dapat terjadi jika tubuh tidak mengonsumsi makanan dalam waktu lama atau menjalani diet dengan cara yang tidak tepat.

Efek dari obat yang dikonsumsi
Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memicu tubuh menggigil. Misalnya penggunaan bius total yang dapat membuat tubuh menggigil tak terkendali. Anestesi umum juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam mengatur suhu.

Berikan obat penurun panas dengan kandungan yang aman saat anak demam. Bunda bisa membeli obat-obatan yang aman dan terpercaya di Konimexstore. Segera bawa si kecil ke dokter jika kondisi kesehatannya tak kunjung membaik.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles