comScore
Share by :

Moms, Ini Tanda Demam pada Anak Perlu Dibawa ke Dokter

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/baf4477db35237e33309944de745fd61.jpeg

Kondisi demam pada anak tidak selalu berbahaya dan dapat reda dengan sendirinya. Demam merupakan reaksi tubuh melawan infeksi. Selain itu, demam juga bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti imunisasi, penyakit autoimun, dan kelainan pada otak.

Meskipun kerap dialami si kecil, Bunda perlu mengetahui beberapa tanda demam yang berbahaya dan perlu dibawa ke dokter.

Meningkatnya suhu tubuh anak dapat disebabkan oleh beberapa hal. Umumnya penyebab demam pada anak adalah infeksi virus dan bakteri. Penyebab demam pada anak lainnya yang perlu Bunda ketahui seperti perubahan suhu dan anak kelelahan setelah bermain.

Untuk demam ringan, Bunda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah yaitu dengan memakai plester demam, menjaga asupan cairan tubuh anak, memakaikan baju yang tipis dan nyaman, serta memberikan obat penurun panas.

Namun Bunda perlu mewaspadai beberapa tanda bahaya saat anak demam. Berikut ini 6 tanda demam pada anak yang perlu dibawa ke dokter:

1. Demam dengan Suhu Badan di Atas 40 Derajat
Bunda perlu waspada jika suhu tubuh anak di atas 40 derajat celcius. Pada bayi, demam hingga 40 derajat celcius atau lebih dapat membahayakan kesehatannya dan perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut dari dokter. Demam tinggi pada anak juga dapat memicu terjadinya kejang.

2. Demam Terjadi Terus Menerus Selama Lebih dari 3 Hari
Demam pada anak dapat reda dengan sendirinya. Namun jika demam naik turun atau bahkan tak kunjung reda selama lebih dari 3 hari, segera bawa si kecil ke dokter. Kondisi ini dapat menjadi tanda anak sedang terserang penyakit dan membutuhkan penanganan dokter.

3. Muncul Bercak pada Tubuh Anak
Tanda bahaya lainnya yang perlu Bunda waspadai saat anak demam adalah munculnya bercak ungu kebiruan di beberapa area kulit. Jika hal ini terjadi, segera bawa anak ke dokter ya, Bunda.

4. Anak Lemas dan Kehilangan Nafsu Makan
Demam dapat membuat anak tak selera menyantap makanannya. Namun jika si kecil terlihat lesu, lemas atau bahkan tak mau makan sama sekali, sebaiknya Bunda segera membawa anak ke dokter. Kondisi ini menjadi tanda demam pada anak berbahaya dan membutuhkan penanganan yang tepat.

5. Disertai Muntah dan Diare
Mual, muntah hingga diare merupakan gejala anak mengalami dehidrasi. Jika demam membuat anak tidak mau makan dan menyusu serta tidak buang air kecil sama sekali, maka anak membutuhkan perawatan lebih lanjut dari dokter.

6. Anak Susah Bernafas
Kondisi berbahaya lainnya saat anak demam adalah ketika si kecil terlihat kesulitan bernapas dan kesadarannya semakin menurun. Segera bawa anak ke dokter jika hal ini terjadi, Bunda. 

Pastikan Bunda selalu sedia obat penurun panas untuk meredakan demam pada bayi dan anak di rumah. Pilih obat penurun panas yang mengandung paracetamol dan tanpa alkohol. Bunda dapat menemukan obat penurun panas bayi dan anak berkualitas dan terpercaya di  Konimex Store.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles