comScore
Share by :

Cacingan Bisa Sebabkan Stunting pada Anak, Ini Penjelasannya

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/745391dc0ca167c847bc1785cde77089.jpeg

Penyakit cacingan masih menjadi salah satu masalah kesehatan khususnya pada anak-anak di Indonesia. Jika terjadi secara berulang, infeksi cacingan bisa menyebabkan kegagalan pertumbuhan atau stunting pada anak.

Cacingan merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi cacing yang bersarang di dalam usus manusia. Cacing yang menyerang tubuh manusia berbeda-beda jenisnya. Seperti cacing kremi, cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Dimana masing-masing cacing menimbulkan efek yang berbeda ketika menginfeksi tubuh, termasuk infeksi yang menyebabkan stunting pada si kecil.

Infeksi Cacingan dan Gejalanya pada Anak
Setelah masuk ke dalam tubuh, cacing akan bergerak masuk menuju organ dalam tubuh termasuk usus. Di dalam usus telur, cacing menetas dan akan terus bereproduksi hingga jumlahnya semakin banyak.

Cacing yang jumlahnya kian banyak di dalam usus ini tentu akan menjadi berbahaya karena menyerap berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu hingga terjadi stunting.

Beberapa gejala cacingan yang bisa terlihat pada anak di antaranya yaitu:

  • Mual dan muntah
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Diare
  • Nyeri perut
  • Pusing
  • Berat badan menurun


Bagaimana Cacingan Sebabkan Stunting pada Anak?
Siapapun dapat terinfeksi cacing, termasuk orang dewasa. Namun anak-anak paling rentan terinfeksi cacingan karena masih gemar bermain di tanah dan enggan mengenakan alas kaki. Apalagi daya tahan tubuh anak yang belum sempurna membuat si kecil lebih rentan terserang penyakit cacingan.

Berdasarkan Public Library of Science, terdapat 2 macam masalah kesehatan yang mungkin dialami anak ketika terserang penyakit cacingan, yaitu anemia dan stunting. Anemia disebabkan karena kekurangan zat gizi mikro seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12.

Sedangkan stunting terjadi ketika cacing menyerap nutrisi di dalam tubuh anak. Hal ini yang menyebabkan nafsu makan anak menurun, dan lama kelamaan anak akan mengalami masalah kekurangan gizi.

Jika tidak segera ditangani, pertumbuhan fisik anak akan terganggu hingga menyebabkan stunting. Dampak buruk yang lebih jauh lagi yaitu melemahnya fungsi otak anak, dan meningkatnya risiko terserang penyakit infeksi.

Oleh sebab itu Moms, jaga dan cegah infeksi cacingan pada anak dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, mengajarkan anak mencuci tangan dengan benar, selalu memasak daging hingga matang sempurna, mengajarkan anak untuk selalu memakai alas kaki ketika bermain di luar, serta rutin menggunting kuku secara teratur.

Selain itu, minum obat cacing secara rutin setiap 6 bulan sekali. Bunda dapat membeli obat cacing terpercaya untuk keluarga di konimexstore.com

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles