comScore
Share by :

5 Hal Ini Sudah Seharusnya Jadi Fokus Moms Saat Pandemi, Apa Saja?

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/a41d030575458d1163820e9ad8ced488.jpeg

Bekerja dari rumah selama pandemi membuat orang tua menjadi lebih dekat dengan anak-anaknya. Namun di sisi lain, kesehatan fisik dan mental anak menjadi pekerjaan rumah yang mesti dihadapi banyak orang tua di masa pandemi. Apakah Moms juga salah satu yang mengalaminya?

Berdiam diri di rumah selama pandemi membuat anak merasa jenuh dan bosan. Anak-anak tidak bisa lagi pergi ke sekolah atau bermain bebas di luar rumah bersama teman-temannya. Tentunya, hal ini dapat memicu stres pada anak yang berdampak pada kesehatan mentalnya.

Berikut ini 5 hal yang perlu menjadi perhatian orang tua saat pandemi.
1. Kesehatan fisik keluarga
Di masa pandemi, kesehatan fisik jadi hal yang wajib diperhatikan. Selalu jaga asupan nutrisi dan pola hidup keluarga agar tidak mudah sakit. Lakukan aktivitas fisik bersama anggota keluarga di rumah dan jaga imun tubuh dengan mengonsumsi vitamin secukupnya.

2. Kesehatan mental keluarga
Kesehatan mental keluarga juga harus Moms perhatikan. Anak pemurung lebih mudah stres dan rentan terserang penyakit. Sebaliknya, anak yang ceria memiliki sistem imun yang kuat sehingga tidak mudah sakit. Ciptakan suasana rumah yang hangat sehingga si kecil merasa aman dan nyaman berada di rumah.

3. Cara mengajari anak bersosialisasi saat pandemik
Jangan lupa untuk mengajari si kecil bagaimana bersosialisasi agar ia dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Selama berada di rumah, anak menjadi jarang bertemu dengan orang lain. Sehingga kemampuan bersosialisasinya pun tidak berkembang dengan baik. 
Untuk mengatasinya, Moms bisa mengajak si kecil bermain bersama anggota keluarga lainnya. Seperti bermain peran, bermain ular tangga, atau sekedar melakukan video call dengan keluarga dan kerabat.

4. Mengatasi rasa bosan dan jenuh saat di rumah
Rasa bosan dan jenuh selama berada di rumah membuat anak lebih mudah rewel, emosi dan menangis. Stres pada anak berdampak pada kesehatan mentalnya. Si kecil juga lebih rentan terserang penyakit akibat daya tahan tubuh yang menurun karena stres. 

Saat si kecil merasa jenuh, ajaklah ia melakukan kegiatan yang bisa menarik perhatiannya. Seperti berkebun, membuat kue bersama, atau sekedar mengajaknya bermain kejar-kejaran. Tidak hanya menghilangkan rasa bosan, anak juga merasa lebih diperhatikan oleh orang tuanya.

5. Membagi waktu untuk keluarga dan pekerjaan
WFH atau bekerja dari rumah cukup menyita waktu Bunda di rumah ya. Sebagian besar waktu dihabiskan untuk menyelesaikan tugas kantor. Hal ini dapat membuat si kecil merasa diabaikan dan tidak diperhatikan. Sebaiknya, Moms membagi waktu untuk pekerjaan dan keluarga. Misalnya saat si kecil sedang mengerjakan tugas sekolahnya, pastikan Moms selalu hadir untuk membantu.

6. Memastikan tumbuh kembang anak tidak terganggu
Pastikan tumbuh kembang anak tidak terganggu selama masa pandemi. Jaga pola makan sehat dengan memberikan asupan makanan kaya gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Selain itu, ajak si kecil untuk tetap aktif bergerak walau hanya di rumah saja.

Orang tua memang perlu bekerja lebih keras untuk menjaga keluarga di masa pandemi. Jika kesehatan si kecil terganggu, usahakan untuk mengatasi sendiri terlebih dahulu dengan obat yang khusus ditujukan untuk anak-anak. Pilih obat dengan komposisi yang aman, yakni tanpa tambahan alkohol. Lalu, Moms perlu membaca label anjuran obat dengan teliti sebelum memberikannya pada anak.

Untuk pertolongan pertama saat anak sakit, Moms bisa menyiapkan obat yang aman dan berkualitas dari Konimex.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles