comScore
Share by :

5 Mitos Ibu Menyusui dan Fakta di Baliknya, Jangan Mudah Percaya, Moms!

Bookmark
Image Source:https://images.pexels.com/photos/3074935/pexels-photo-3074935.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&h=750&w=1260

Memberikan ASI secara eksklusif pada bayi tidak semudah yang dibayangkan ya, Moms. Khususnya pada ibu yang baru saja melahirkan si kecil. Tentu akan banyak anggapan dan mitos-mitos yang mengganggu pikiran hingga membuat stres yang malah hanya membuat produksi ASI menurun. Berikut ini mitos-mitos seputar menyusui yang perlu Moms ketahui.

Menyusui Bikin Payudara Kendur

Menyusui Bikin Payudara Kendur
Image Source:https://pixabay.com/

Kata siapa menyusui sebabkan payudara kendur? Jangan percaya mitos tersebut ya, Moms. Bahkan, mitos ini menjadi alasan sebagian Moms untuk tidak menyusui bayinya. Namun faktanya, menyusui bukan penyebab utama payudara kendur.

Berat badan yang meningkat saat hamil turut memengaruhi payudara. Pasca melahirkan dan di masa menyusui terjadi penurunan berat badan yang ikut memengaruhi perubahan bentuk payudara. Faktor lainnya penyebab payudara kendur adalah usia ibu dan efek grafitasi.

Payudara Kecil Hasilkan Lebih Sedikit ASI

Payudara Kecil Hasilkan Lebih Sedikit ASI
Image Source:https://pixabay.com/

Sebagian orang percaya ibu menyusui dengan ukuran payudara kecil hanya memproduksi sedikit ASI daripada ibu menyusui dengan payudara yang lebih besar. Faktanya Moms, ukuran payudara sama sekali tak memengaruhi jumlah ASI yang diproduksi, lho. Sedikit atau banyaknya ASI yang dihasilkan bergantung pada seberapa sering Moms menyusui si kecil. Pelekatan mulut bayi ketika menyusui juga memengaruhi produksi ASI.

baca juga
Menyusui Turunkan Berat Badan Ibu

Menyusui Turunkan Berat Badan Ibu
Image Source:https://pexels.com/

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui bayinya lebih cepat mengalami penurunan berat badan. Menyusui bayi membakar sekitar 300 hingga 500 kalori dalam satu hari. Menyusui turut melepaskan hormon yang dapat merangsang rahim untuk kembali ke ukuran semula lebih cepat.

Ibu Baru Tidak Cukup Menghasilkan ASI

Ibu Baru Tidak Cukup Menghasilkan ASI
Image Source:https://pexels.com/

Ibu yang baru mengalami pengalaman melahirkan, khususnya pada ibu hamil dengan persalinan Caesar dianggap tak cukup menghasilkan ASI untuk bayinya. Namun faktanya, payudara memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Faktor lainnya yang menentukan produksi ASI melimpah adalah frekuensi menyusui serta pelekatan mulut bayi saat menyusu. Semakin sering bayi menyusu, maka ASI yang diproduksi akan melimpah.

baca juga
Jangan Menyusui Saat Sedang Sakit

Jangan Menyusui Saat Sedang Sakit
Image Source:https://pexels.com/

Sebenarnya Moms, boleh atau tidaknya menyusui bayi saat sedang sakit bergantung pada jenis penyakit yang diderita dan kondisi sang ibu. Moms yang mengalami sakit ringan masih tetap bisa menyusui si kecil. Namun pastikan Moms mendapkan istirahat yang cukup, asupan nutrisi yang terpenuhi serta tetap terhidrasi.

Itulah tadi 5 mitos seputar menyusui beserta fakta di baliknya. Tetaplah menyusui si kecil dan jangan mudah percaya pada anggapan orang ya, Moms. Cari tahu dulu fakta di balik mitos sebelum memercayainya.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles