comScore
Share by :

Moms, Dukung Si Kecil Eksplorasi di Rumah dengan Cara Ini Yuk!

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/64dcbca88457795a817500f6b9e61e0c.jpeg

Masa pandemi akibat covid-19 mengharuskan Moms lebih ekstra lagi menjaga kesehatan keluarga. Menerapkan protokol kesehatan dan social distancing jadi hal utama yang perlu dilakukan demi mencegah penyebaran corona.

Di sisi lain, pandemi berdampak pada anak-anak yang tak lagi dapat bebas berkegiatan di luar rumah. Karenanya, Moms harus lebih kreatif membuat anak betah di rumah dengan beragam kegiatan seru.

Perlu diketahui Moms, anak-anak tetap perlu mendapatkan kebebasan bereksplorasi demi mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Moms bisa mengajak si kecil melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan menyenangkan di dalam rumah. Selain bantu optimalkan tumbuh kembang anak, bereksplorasi bersama si kecil juga dapat meningkatkan bonding lho antara ibu dan anak.

Jangan bingung Moms mencari kegiatan seru dan menarik agar anak tak bosan di rumah. Berikut 5 kegiatan seru yang bisa Moms lakukan bersama si kecil:

Mengenal Warna
Mengenal Warna

Moms bisa mulai mengenalkan berbagai macam warna pada si kecil sejak usia 1 tahun. Gunakan cara sederhana memperkenalkan warna pada si kecil. Seperti menunjukkan apel dan mengatakan “ini merah”, mobil mainan berwarna hijau dan mengatakan “ini hijau”, atau buah pisang dan mengatakan “ini kuning”.

Mintalah si kecil mengambil benda-benda dengan warna sesuai arahan Moms. Jika si kecil mengambil benda yang benar, artinya ia sudah dapat maju ke tahap pengenalan warna selanjutnya. Sebaiknya kenalkan warna-warna dasar dulu ya, Moms, seperti merah, kuning dan hijau.

baca juga
Menari dan Menyanyi
Menari dan Menyanyi

Anak dianjurkan untuk bergerak aktif setidaknya satu jam dalam sehari. Menari bisa jadi kegiatan seru dan menarik yang dapat menggerakkan seluruh tubuh si kecil. Ajaklah si kecil menari dan bernyanyi bersama untuk menghilangkan rasa bosan di rumah.

Menyanyi juga bisa melatih keterampilan anak dalam mengaplikasikan bahasa. Sebaiknya gunakan lagu-lagu anak sesuai dengan usianya ya, Moms.

Bermain Balok atau Puzzle
Bermain Balok atau Puzzle

Bermain balok dan puzzle dapat melatih keterampilan motorik halus dan kognitif si kecil. Untuk menghilangkan rasa bosan di rumah, ajak si kecil menyusun balok atau kepingan puzzle sederhana.

Sebagai permulaan, gunakan kepingan gambar sederhana yang mudah disusun si kecil. Tak perlu membeli yang mahal. Moms bisa mengambil gambar dari majalah dan mengguntingnya menjadi beberapa bagian. Ajak si kecil menempelkan potongan-potongan gambar tersebut di atas karton.

baca juga
Memasak untuk Melatih Motorik Tangan
Memasak untuk Melatih Motorik Tangan

Memasak bisa jadi kegiatan seru bersama si kecil. Moms bisa mengajak si kecil belajar sambil bermain dan berkreasi di dapur. Ketika Moms hendak membuat kue, ajaklah si kecil membantu menghias kue atau mengocok telur. Kegiatan memasak dapat melatih keterampilan motorik halus serta kreativitas si kecil.

Membuat Kreasi DIY
Membuat Kreasi DIY

Cara lainnya mengajak anak bereksplorasi adalah membuat kreasi DIY. Moms bisa mengajak si kecil merangkai gelang atau kalung dengan manik yang berwarna-warni. Mintalah si kecil menyebutkan warna manik yang dipakainya dalam merangkai. Kegiatan merangkai gelang atau kalung dapat melatih motorik halus sekaligus daya pikir si kecil, Moms.

Bereksplorasi di rumah bersama si kecil akan terasa lebih nyaman dengan menggunakan popok yang tepat. Salah satu popok yang nyaman digunakan untuk si kecil bereksplorasi adalah MamyPoko Pants Royal Soft.

Moms bisa mengunakan MamyPoko Pants Royal Soft dengan ukuran sesuai usia dan berat badan di kecil. MamyPoko Pants Royal Soft mempunyai ukuran lengkap dari S hingga XXL untuk mengikuti tahap perkembangan si kecil.

MamyPoko Pants Royal Soft size S dan M cocok didesain dengan fitur soft cotton leg dan soft cotton belt yang lembut di area paha dan pinggang serta tidak berbekas kemerahan sehingga cocok untuk bayi usia 0-6 bulan.

Membuat Kreasi DIY

Untuk bayi yang sudah memasuki usai 6 bulan ke atas, gunakan MamyPoko Pants Royal Soft size L dan XL serta size XXL untuk bayi dengan berat badan lebih besar. Size L-XXL didesain menggunakan bahan yang lembut, pas mengikuti bentuk tubuh si kecil dan tidak menggembung walau pipis berkali-kali. Moms juga bisa memilih warna sesuai jenis kelamin bayi, biru untuk boys dan pink untuk girls.

MamyPoko Pants Royal Soft Menjaga kelembutan kulit bayi dengan daya serap lebih tinggi hingga 12 jam. Tambahan fitur sirkulasi udaranya menjaga kulit bayi dari iritasi sehingga si kecil nyaman dan aman bereksplorasi di rumah.

Jadi, tunggu apalagi Moms? MamyPoko Pants Royal Soft bisa pilihan tepat untuk kulit sensitif bayi sesuai dengan perkembangan usianya dan nikmati sensasi kelembutan No.1 dari MamyPoko.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles