comScore
Share by :

Lebih Produktif dan Awet Muda, Ini 8 Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/mother-with-cute-blond-daughter_1157-14499.jpg

Rutin mandi pagi ternyata punya segudang manfaat untuk tubuh lho, Moms. Tidak hanya mandi air hangat, mandi dengan air dingin membantu tubuh lebih produktif gan terhindar dari stres. Jadi, jangan malas mandi pagi ya, Moms.

Padatnya aktivitas di pagi hari membuat kita sering melewatkan momen mandi pagi. Padahal, mandi di pagi hari, apalagi mandi di sekitar pukul 4 pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut raga manfaat mandi air dingin di pagi hari yang perlu Moms ketahui.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Image Source:https://freepik.com/

Mandi di pagi hari dapat meningkatkan gerakan limfatik yang mendorong terbentuknya sel darah putih (leukosit). Sel darah putih berperan dalam melawan infeksi dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, mandi air dingin di pagi hari dapat menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit.

baca juga
Meningkatkan Sirkulasi Darah

Menyiramkan air dingin dari atas kepala hingga kaki bermanfaat melembapkan dan mengencangkan pori-pori, khususnya di kepala. Hal ini juga mendorong aliran darah semakin lancar.

Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Tubuh

Meningkatkan Kadar Oksigen dalam Tubuh
Image Source:https://freepik.com/

Tidak hanya melancarkan sirkulasi darah, mengguyur tubuh dengan air dingin di pagi hari juga memicu respon positif dalam tubuh. Air dingin bisa memicu detak jantung sehingga tubuh mendapatkan oksigen lebih banyak.

baca juga
Meningkatkan Kesuburan

Mandi air dingin sebelum subuh atau pukul 4 pagi dapat meningkatkan kesuburan. Di waktu tersebut tingkat kesuburan seseorang dapat meningkat. Mandi pagi bisa memicu peningkatan produksi hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria.

Menyehatkan Rambut

Menyehatkan Rambut
Image Source:https://freepik.com/

Meskipun air terasa sedingin es ketika mandi pagi, ternyata kegiatan ini bermanfaat untuk memperkuat rambut dan mencegahnya dari kerontokan. Air dingin membuat pori-pori kulit kepala menjadi lebih kencang. Sehingga rambut tidak mudah rontok. Lapisan kutikula rambut juga bertambah yang akan membuat rambut terlihat lebih bercahaya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit
Image Source:https://freepik.com/

Rutin mandi air dingin di pagi hari meningkatkan kelembapan kulit. Kandungan minyak alami di wajah juga bisa berkurang lho, Moms. pori-pori kulit yang mengecil menbuat wajah terhindari dari kotoran dan sebum yang menumpuk. Mau awet muda dan bebas jerawat, rutin mandi pagi bisa jadi solusi nih, Moms!

Meredakan Gejala Depresi

Meredakan Gejala Depresi
Image Source:https://freepik.com/

Meningkatnya kadar oksigen akibat aliran darah yang lancar setelah mandi pagi membantu mengurangi gejala stres dan depresi. Air dingin membantu melepaskan endorfin, hormon yang bisa memberikan rasa senang serta melawan hormon penyebab stres.

Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Image Source:https://freepik.com/

Moms yang punya masalah berat badan atau sedang dalam program diet, mandi pagi dengan air dingin mungkin bisa membantu. Air dingin dapat mengaktifkan jaringan lemak cokelat dalam tubuh yang selanjutnya berubah menjadi energi panas.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles