comScore
Share by :

Lakukan Hal ini Biar Si Kecil Bebas dari Cacingan Bun!

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/672459aedad2132be04b0d9cc8e231af.png

Cacingan jadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai. Moms mungkin sering kali tidak menyadari jika si kecil mengalami cacingan. Gejala anak cacingan yang jarang disadari seperti mual, muntah, diare, nafsu makan berkurang, serta penurunan berat badan.

Cacingan merupakan gangguan kesehatan akibat adanya infeksi cacing yang masuk dalam tubuh. Meskipun umum terjadi, cacingan pada anak dan orang dewasa tidak bisa disepelekan, Moms. Diperlukan penanganan segera jika Moms mendapati si kecil mengalami gejala cacingan.
 
Terdapat 5 jenis cacing yang menyebabkan cacingan, di antaranya yaitu:

  1. Cacing kremi (Enterobius vermicularis),
  2. Cacing gelang (Ascaris lumbricoides),
  3. Cacing tambang (Ancylostoma duodenale),
  4. Cacing tambang (Necator americanus),dan
  5. Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis

 
Agar anak bebas dari cacingan, Moms perlu melakukan hal-hal di bawah ini sebagai bentuk pencegahan.

1. Menjaga Kebersihan
1. Menjaga Kebersihan

Perlu diingat Moms, infeksi cacing dapat menular dari makanan dan minuman yang telah terkontaminasi telur atau larva cacing. Penularan juga bisa terjadi melalui benda-benda yang terdapat telur atau larva cacing dan tak sengaja tersentuh. Karenanya, selalu menjaga kebersihan dan pastikan makanan yang dibeli harus bersih dan higienis. Simpan makanan dalam wadah tertutup dan pisahkan daging dan ikan dari sayur dan buah.

baca juga
2. Selalu Mencuci Tangan
2. Selalu Mencuci Tangan

Selalu mencuci tangan sebelum makan. Ini hal penting yang perlu Moms lakukan demi mencegah terinfeksi cacing. Ajarkan anak cara mencuci tangan yang benar. Telur cacing yang menempel akan ikut tersapu bersih dari tangan dan menurunkan risiko terinfeksi.

3. Mencuci Buah dan Sayur
3. Mencuci Buah dan Sayur

Sebelum diolah atau dimakan, pastikan Moms mencuci bersih buah dan sayuran. Bila perlu, rebus sayuran terlebih dahulu sebelum memakannya. Telur cacing biasanya menempel pada sayur dan buah. Tidak hanya ancaman infeksi cacing, buah dan sayuran juga bisa mengandung senyawa kimia yang berasal dari semprotan pestisida.

baca juga
4. Jangan Menggaruk Area Sekitar Anus
4. Jangan Menggaruk Area Sekitar Anus

Hindari menggaruk di area sekitar anus yang gatal. Jika terinfeksi cacing, bersihkan area anus pada pagi hari karena cacing kremi biasanya bertelur pada malam hari. Jangan lupa juga untuk selalu menggunting kuku agar tak menjadi tempat untuk telur cacing. Hindari juga kebiasaan menggigit kuku pada si kecil, Moms.

5. Tidak Berjalan Tanpa Alas Kaki
5. Tidak Berjalan Tanpa Alas Kaki

Hindari berjalan tanpa alas kaki dan menyentuh tanah atau pasir tanpa sarung tangan untuk menurunkan risiko terinfeksi cacing. Biasakan selalu memakai alas kaki, terutama saat berjalan di atas media tanah.
 
Kelima hal di atas penting dilakukan Moms agar Moms dan si kecil terhindari dari cacingan. Ajarkan pada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan diri. Tidak hanya si kecil, Moms juga perlu menerapkan hidup bersih agar bebas dari cacingan.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles