comScore
Share by :

Manfaat Tamanu Oil, Atasi Jerawat Hingga Samarkan Stretch Marks

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/a4242160f3852bffd3a9ca5d8c062a58.jpeg

Tamanu oil atau minyak tamanu berasal dari biji pohon cemara tropis yang memiliki nama latin Calophyllum inophyllum. Biji-bijian dari tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan kacang tamanu. Meski belum begitu populer di dunia kecantikan, tamanu oil punya segudang manfaat untuk kulit. Seperti mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya, sebagai anti aging, hingga menyamarkan stretch marks.

Atasi Jerawat dan Bekas Jerawat

Atasi Jerawat dan Bekas Jerawat
Image Source:https://freepik.com/

Tamanu oil populer sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat. Tamanu oil memiliki sifat antiradang, antibakteri dan antimikroba yang membantu mempercepat pengobatan luka bekas jerawat. Moms bisa mengoleskan minyak tamanu di area kulit berjerawat untuk meredakan peradangan. Oleskan juga pada bekas jerawat untuk menghilangkannya di wajah.

Pudarkan Bekas Luka

Seperti penjelasan sebelumnya, minyak tamanu bermanfaat untuk memudarkan bekas luka. Beberapa penelitian melaporkan minyak tamanu memiliki sifat yang mampu memulihkan bekas luka (wound healing).

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengurangi predangan dan merangsang pembentukan kolagen yang nantinya memicu pertumbuhan jaringan kulit baru. Penelitian ilmiah tahun 2016 juga mengungkap minyak tamanu dapat digunakan untuk memulihkan bekas luka pasca operasi.

baca juga
Anti Aging

Anti Aging
Image Source:https://freepik.com/

Radikal bebas yang bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan pada kulit bisa diatasi dengan tamanu oil. Kandungan asam lemak dalam tamanu oil membantu melawan tanda penuaan seperti keriput dan kulit kendur. Sementara antioksidan tinggi pada tamanu oil membantu melawan polusi dan zat beracun yang dapat merusak kulit.

Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit
Image Source:https://freepik.com/

Tamanu oil sangat cocok digunakan untuk Moms yang memiliki kulit kering. Asam lemak dalam tamanu oil bekerja mengikat kelembapan pada kulit. Meski demikian, tamanu oil tidak membuat kulit menjadi lebih berminyak atau berjerawat akibat sebum berlebih. Oleskan tamanu oil pada wajah sebelum tidur untuk mendapatkan kulit yang lebih lembap dan kenyal di pagi hari.

baca juga
Meredakan Eksim

Meredakan Eksim
Image Source:https://freepik.com/

Sifat antiradang dalam tamanu oil diklaim membantu meredakan penyakit kulit seperti eksim, psoriasis atau rosacea. Meski demikian, Moms sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter ahli sebelum menggunakan minyak ini untuk pengobatan. Hal ini dikarenakan masih dibutuhkannya penelitian lebih lanjut mengenai manfaat tamanu oil yang satu ini.

Menyamarkan Stretch Marks

Menyamarkan Stretch Marks
Image Source:https://freepik.com/

Tamanu oil juga bisa dimanfaatkan untuk menyamarkan stretch marks lho, Moms. kandungan antioksidan, antiradang serta sifat melembapkan kulit membuat tamanu oil dipercaya dapat menghilangkan stretch marks.

Mencegah Kerontokan Rambut

Mencegah Kerontokan Rambut
Image Source:https://freepik.com/

Tak hanya untuk kulit, tamanu oil juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Tamanu oil kerap digunakan untuk mencegah kerontokan rambut. Cukup teteskan beberama minyak tamanu di kulit kepala setelah keramas, ratakan dan biarkan hingga rambut kering. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal, Moms.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles