comScore
Share by :

5 Mitos Kehamilan yang Paling Banyak Dipercaya di Indonesia

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-standing-by-window-looking-photo_1157-46771.jpg

Kehamilan merupakan sebuah periode sakral di mana seorang calon manusia tumbuh dan berkembang dalam rahim seorang ibu. Tidak heran jika ada banyak sekali kepercayaan dengan segala mitos dan takhayul yang menyebar di kalangan masyarakat. Hingga saat ini, masih banyak sekali mitos kehamilan yang dipercaya banyak orang Indonesia. Kira-kira, mitos apa saja yang paling populer seputar ibu hamil dan kehamilan? Yuk, intip ulasan lengkapnya berikut ini!


1. Hubungan Seks Selama Hamil Bisa Menyebabkan Keguguran/ Menyakiti Janin

Banyak orang menganggap bahwa seks saat hamil berisiko bagi kesehatan dan kondisi janin dalam kandungan. Bahkan, sebagian dari mereka mengatakan bahwa seks di kehamilan usia dini bisa menyebabkan keguguran dan seks di usia kehamilan yang lebih tua menyakiti janin.

Padahal, kenyataannya adalah kantung amniotik atau cairan ketuban dan otot rahim kuat dalam memberikan perlindungan pada janin. Selain itu, ketahui juga bahwa penis tidak akan melampaui rahim dan menyakiti janin di dalamnya.
 

5 Mitos Kehamilan yang Paling Banyak Dipercaya di Indonesia
Image Source:https://news.lvhn.org/


2. Menjahit Menyebabkan Bibir Bayi Sumbing

Pernahkah kamu mendengar larangan menjahit bagi ibu hamil? Konon, para orangtua kita di zaman dulu percaya bahwa menjahit di saat hamil dapat membuat bibir bayi menjadi sumbing. Kenyataannya, ini tentu adalah mitos belaka di mana bibir sumbing tidak ada kaitannya dengan apa yang dilakukan ibu selama kehamilan. 
 


3. Olahraga Saat Hamil Berbahaya

Banyak orangtua menganggap bahwa aktivitas fisik selama kehamilan dapat mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Saat mengalami keguguran atau masalah dalam kandungan, para ibu hamil kerap disalahkan karena ia melakukan aktivitas yang dianggap terlalu berat.

Padahal, olahraga selama kehamilan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan janin. Meskipun kamu perlu melakukan konsultasi dengan dokter, pada kondisi normal olahraga sangat dianjurkan bagi ibu hamil.
 

5 Mitos Kehamilan yang Paling Banyak Dipercaya di Indonesia
Image Source:https://jamaicahospital.org/


4. Ibu Hamil Dilarang Minum Air Kelapa

Selanjutnya, banyak pula orang yang mengatakan bahwa meminum air kelapa dapat memicu keguguran ketika seorang wanita sedang hamil muda. Padahal sebaliknya, air kelapa dapat membawa manfaat yang sangat banyak.

Tidak hanya mencegah dan mengatasi dehidrasi, air kelapa dapat mencegah rasa lelah dan lesu di masa-masa kehamilan. Bahkan, meminum air kelapa juga dapat membangun sistem imun, membuat tekanan darah tinggi lebih stabil, serta mencegah infeksi saluran kemih.
 

baca juga


5. Potong Rambut Saat Hamil Sebabkan Bayi Lahir Cacat

Kelahiran cacat umumnya disebabkan oleh faktor genetik yang bermasalah serta faktor lingkungan lain seperti merokok, penggunaan obat, dan minum alkohol selama kehamilan. Namun, memotong rambut atau mengecat rambut saat hamil tidak akan berpengaruh banyak terhadap kondisi kecacatan bayi. Jadi, jangan takut untuk memotong rambut saat hamil!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles