comScore
Share by :

Kenali 6 Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak, Moms!

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/cute-little-girl-eating-ice-cream-has-sore-throat_176532-11072.jpg

Sakit pada tenggorokan membuat anak merasa tak nyaman dan rewel. Apalagi jika anak sampai alami demam tinggi hingga membuat Moms panik. Untuk mencegahnya, perhatikan dan hindari penyebab-penyebab munculnya radang tenggorokan, Moms.

Mencegah lebih baik daripada mengobati kan, Moms. Agar anak tak terkena radang tenggorokan, ketahui 6 penyebab radang tenggorokan pada anak berikut ini:

Virus dan Bakteri

Virus dan Bakteri
Image Source:https://freepik.com/

Virus jadi penyebab radang tenggorokan yang paling sering terjadi pada anak. beberapa virus yang dapat memicu radang tenggorokan di antaranya yaitu virus influenza, adenovirus, virus herpes simpleks, virus Epstein-Barr dan virus HIV. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus biasanya tak membutuhkan antibiotik, Moms.

Selain virus, beberapa bakteri juga bisa menyebabkan radang tenggorokan, di antaranya yaitu streptokokus beta-hemolitikus grup A, pneumonia dan mikoplasma. Munculnya jamur dan parasite juga dapat menumbulkan infeksi dan radang tenggorokan.

baca juga
Alergi

Alergi
Image Source:https://freepik.com/

Sakit pada tenggorokan biasanya akan membuat si kecil kesulitan menelan ludahnya sendiri, Moms. pada beberapa kasus, radang tenggorokan pada anak disebabkan reaksi alergi seperti alergi debu dan benda-benda kotor yang ada di lingkungan sekitar anak.

Daya tahan tubuh yang menurun membuat si kecil rentan alami alergi sehingga memicu radang tenggorokan. Rutin membersihkan rumah serta menjaga asupan makanan sehat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh anak.

Polusi Udara

Polusi Udara
Image Source:https://freepik.com/

Udara yang tak sehat juga dapat memicu radang tenggorokan. Asap rokok dan kendaraan, udara yang terlalu dingin atau kering juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Karenanya, jauhkan anak dari hal-hal yang dapat sebabkan radang tenggorokan seperti asap rokok dan kendaraan. Moms juga bisa menggunakan humidifier untuk membuat udara di dalam rumah tetap bersih.

baca juga
Amandel Bengkak

Amandel Bengkak
Image Source:https://freepik.com/

Amandel yang membengkak jadi salah satu gejala radang tenggorokan, Moms. Saat si kecil kesulitan menelan makanannya, coba perhatikan sisi-sisi leher dan bagian dalam mulutnya. Semakin bengkak leher maka semakin parah radang yang dialami anak. Biasanya anak juga mengalami bau mulut yang tak sedap akibat naiknya asam lambung ke tenggorokan karena tidak ada makanan yang masuk. Segera bawa ke dokter ya, Moms jika si kecil mengalami hal ini.

Kurang Tidur

Kurang Tidur
Image Source:https://freepik.com/

Istirahat yang cukup sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Tak hanya waktu tidur malam yang cukup, anak-anak juga seharusnya tidur siang yang bermanfaat untuk kesehatannya. Istirahat yang cukup dan tidur siang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Jika daya tahan tubuh anak menurun, virus dan bakteri lebih mudah menyerang sehingga memicu imbulnya radang tenggorokan.

Pola Makan Tak Sehat

Pola Makan Tak Sehat
Image Source:https://freepik.com/

Pola makan anak juga mempengaruhi daya tahan tubuh anak. Pola makan yang tidak sehat membuat anak rentan terserang infeksi dan radang tenggorokan. Hindari jajanan manis dan jajanan menarik lainnya yang dijajakan di pinggir jalan, Moms. Perhatikan asupan makanan sehat si kecil untuk menangkal virus penyebab radang tenggorokan.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles