comScore
Share by :

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan Suami Saat Istri Melahirkan

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/man-comforting-pregnant-woman-during-labor_107420-63879.jpg

Menjadi suami siaga saat istri hamil hingga melahirkan penting dilakukan. Tak hanya memberikan dukungan, tapi juga membantu meringankan pikiran dan rasa cemas jelang melahirkan. Termasuk ketika istri akan melahirkan. Suami yang siaga membantu melancarkan persalinan dan bayi lahir dengan selamat.

Namun saat mendampingi istri melahirkan, perhatikan beberapa hal yang tak boleh dilakukan dan malah membuat istrimu semakin emosional. Menurut bidan Yesie Aprilia dalam sebuah video di Youtube Bidan Kita, ini 6 hal yang tidak boleh dilakukan suami saat mendampingi istri melahirkan.

Tidak Makan

Tidak Makan
Image Source:https://mommyasia.id/

Saking paniknya, kebanyakan suami sampai tak sempat makan saat mendampingi istri melahirkan. Padahal, proses persalinan bisa berlangsung lama bahkan hingga sampai 48 jam. Tak hanya istri, suami juga membutuhkan energi untuk mendampingi. Jadi Dads, jangan lupa makan dan tetap terhidrasi selama mendampingi istri melahirkan ya.

baca juga
Menunggu Diperintah Istri

Menunggu Diperintah Istri
Image Source:https://mommyasia.id/

Jangan menunggu diperintah istri melakukan sesuatu. Istri membutuhkan dukungan dan support dari suami. Biasanya istri ingin suaminya melakukan sesuatu tanpa harus diminta. Misalnya seperti memijat istri sambil menunggu pembukaan, mengambilkan minum, atau mengelap keringat di dahinya. Setidaknya, Dads juga harus mengerti sedikit tentang proses persalinan, agar tak panik dan bingung saat istri melahirkan.

Sibuk Sendiri dengan HP

Walaupun sibuk dengan sederet pekerjaan hingga rasa panik ketika istri melahirkan, usahakan Dads tak terlalu sering memegang dan bermain dengan ponselmu. Sebaiknya beri dukungan terlebih dahulu pada istri saat melahirkan.

baca juga
Menanyakan Pembukaan Saat Pemeriksaan VT

Menanyakan Pembukaan Saat Pemeriksaan VT
Image Source:https://freepik.com/

Jangan tanyakan sudah bukaan berapa saat pemeriksaan VT (Vaginal Toucher) di depan istri. Karena pada saat pemeriksaan VT, biasanya Moms merasakan sakt dan cemas hingga emosi yang memuncak. Ucapkan kata-kata positif di depan istri agar tak panik dan cemas. Jika penasaran, Dads bisa bertanya pada bidan atau dokter usai pemeriksaan di luar ruang bersalin.

Selalu Melihat Jam

Tanpa disadari, saat Dads selalu melihat jam di dinding atau ponsel, hal ini malah akan membuat istri merasa terintimidasi. Istri akan berpikir tentang lamanya persalinan dan merasakan kecemasan yang berlebih.

Ikut Berteriak Saat Istri Mengejan

Ikut Berteriak Saat Istri Mengejan

Pada saat istri mengejan, jangan ikut berteriak. Berikan dukungan dengan ucapan yang lembut pada istri saat mengejan. Ikut berteriak menyemangati istri saat mengejan malah akan membuatnya bingung.

Biarkan istrimu mendengarkan arahan hanya dari bidan atau dokter saat mengejan. Sentuhan lembut sambil memegangi tangan istri saat mengejan lebih baik dilakukan daripada berteriak menyemangatinya.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles