comScore
Share by :

7 Makanan yang Bantu Atasi Anak Demam & Sakit Tenggorokan

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/close-up-mother-touching-forehead-her-daughter-holding-white-mug_23-2148053280.jpg

Apa yang akan Moms lakukan saat si kecil demam? Anak-anak khususnya di bawah usia 5 tahun mudah terserang demam dan sakit tenggorokan. Tak melulu dengan obat-obatan kimia, beberapa makanan dan minuman ini juga bisa jadi cara alami meredakan anak demam dan sakit tenggorokan.

ASI

ASI
Image Source:https://www.freepik.com/

Jika si kecil masih dalam fase menyusui, ASI (air susu ibu) bisa membantu meredakan demam pada anak. Berikanlah sesering mungkin atau ketika si kecil ingin menyusu. Karena saat Moms menyusui, putting dapat merasakan kondisi bayi yang sedang melwan infeksi melalui air liurnya. Kandungan ASI akan berubah dengan lebih banyak antibody untuk membantu bayi melawan infeksi dan menurunkan demam.

Madu

Madu
Image Source:https://www.freepik.com/

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi batuk, meredakan demam hingga iritasi di tenggorokan. Madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh anak melawan demam akibat infeksi.

Moms bisa memberikannya langsung pada anak atau dengan dicampurkan dengan air hangat agar tenggorokan si kecil lebih nyaman. Namun, hindari memberikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan karena berisiko botulisme.

baca juga
Sup Ayam

Sup Ayam
Image Source:https://www.freepik.com/

Sup ayam direkomendasikan sebagai makanan wajib saat anak demam. Sup ayam mengandung nutrisi seimbang yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak saat sakit. Saat anak demam karena flu atau pilek, uap hangat dari sup ayam membantu atasi hidung tersumbat. Daging ayam juga mengandung asam amino yang bersifat anti-virus dan antioksidan sehingga membantu atasu demam pada anak.

Wortel

Wortel
Image Source:https://www.freepik.com/

Kandungan nutrisi dalam wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjauhkan anak dari bakteri dan virus. Wortel juga memiliki sifat sebagai obat. Moms bisa memberikannya dalam bentuk dikukus sampai teksturnya lembut atau dengan dijadikan sup wortel.

baca juga
Air Kelapa

Air Kelapa
Image Source:https://www.freepik.com/

Air kelapa dipercaya bersifat mendinginkan tubuh. Selain menjaga anak dari dehidrasi dengan banyak memberikan air putih, Moms juga bisa memberikan air kelapa untuk menurunkan suhu tubuh. Air kelapa merupakan sumber elektronik alami yang baik untuk mengatasi anak demam.

Jahe

Jahe
Image Source:https://www.freepik.com/

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan efektif melawan mual. Moms bisa memberikan makanan atau minuman berbahan dasar jahe saat anak demam. Seperti jahe yang ditambahkan dalam the atau sup untuk mengatasi demam, sakit tenggorokan dan perut mual.

Buah Jeruk

Buah Jeruk
Image Source:https://www.freepik.com/

Buah dengan kandungan vitamin C bisa membantu meredakan demam. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh anak terhidrasi, kandungan gula pada jeruk berikan energi saat anak demam. Namun hindari memberikan buah jeruk pada anak yang tak terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman asam ya, Moms.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles