comScore
Share by :

EVOO atau ELOO, Olive Oil Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi?

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/cute-red-haired-hungry-baby-biting-plastic-board-closeup-view-curious-newborn-looking-from-table-holding-it-childhood-infancy-concept_74855-7007.jpg

Bahan makanan apa yang biasanya Moms berikan saat bayi memasuki usia 6 bulan? Sebagai pengenalan, makanan dengan tekstur halus dan sangat lembut jadi pilihan tepat. Namun Moms, perhatikan pula kandungan gizi dan nutrisi pada menu MPASI pertama si kecil ya.

Tak hanya karbohidrat dan protein, bayi juga membutuhkan lemak sehat untuk membantu tumbuh kembangnya. Biasanya, minyak zaitun atau olive oil digunakan sebagai sumber lemak yang sehat dalam makanan bayi. Cukup dengan menambahkan satu sendok teh olive oil pada menu MPASI untuk menambah nilai gizinya.

Saat akan membeli olive oil, pasti Moms dibuat bingung dengan banyaknya pilihan dan beragam jenisnya. Yang paling sering ditemukan di pasaran adalah Extra Virgin Olive Oil (EVOO) dan Extra Light Olive Oil (ELOO). Lalu manakah yang lebih baik untuk MPASI bayi?

Proses Pembuatan

Proses Pembuatan
Image Source:https://www.freepik.com/

EVOO merupakan minyak zaitun paling murni yang diekstrak dari buah zaitun dengan cara dipress saja daging buahnya. Prosesnya dilakukan tanpa ada bahan kimia atau metode fisik apapun. EVOO merupakan jenis olive oil terbaik dengan vitamin dan mineral berkualitas tinggi.

Sedangkan ELOO merupakan campuran dari Virgin Olive Oil dan Refined Olive Oil. Refined Olive Oil sendiri merupakan minyak zaitun yang diberi perlakuan kimiawi untuk memperbaiki kualitas yang kurang bagus. Zat kimia ditambahkan untuk menetralkan rasanya yang kuat dan kadar keasaman yang tinggi.

Biasanya, EVOO disimpan dalam wadah botol berwarna hijau gelap. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas minyak zaitun agar tak berkurang saat terpapar sinar matahari. Sedangkan ELOO dikemas dalam botol bening. ELOO memiliki warna yang lebih bening dibandingkan EVOO. ELOO juga memiliki rasa dan aroma yang lebih lembut dari minyak zaitun lainnya. untuk harga, biasanya EVOO dijual lebih mahal dari jenis lainnya karena berkualitas tinggi.

baca juga
Manfaat Olive Oil untuk Bayi

Manfaat Olive Oil untuk Bayi
Image Source:https://www.freepik.com/

Minyak zaitun mengandung lemak yang sehat untuk bayi dan boleh dikenalkan sejak usia 6 bulan. Asam oleat pada minyak zaitun, khususnya pada EVOO membantu meingkatkan tumbuh kembang otak bayi. Sifat anti-inflamasi pada minyak zaitun membantu mencegah dan mengurangi penyakit asma. Minyak zaitun juga bermanfaat mencegah sembelit pada bayi. Meski demikian, pastikan Moms tak berlebihan saat menambahkan minyak zaitun pada makanan bayi.

Rekomendasi Penggunaan

Rekomendasi Penggunaan
Image Source:https://www.freepik.com/

Sebaiknya Moms tak menggunakan EVOO untuk menumis atau menggoreng. Kandungan nutrisi yang tinggi pada EVOO akan berkurang saat Moms memasaknya. Sementara ELOO sangat direkomendasikan untuk memasak makanan bayi.

baca juga
Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi?

Mana yang Lebih Baik untuk MPASI Bayi?
Image Source:https://www.freepik.com/

Baik EVOO maupun ELOO, keduanya baik untuk ditambahkan pada menu MPASI bayi. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara Moms mencampurkannya pada makanan si kecil. EVOO sebaiknya dicampurkan langsung pada MPASI saat akan diberikan pada bayi. Sedangkan ELOO baik difunakan untuk memasak seperti menumis, memanggang atau menggoreng makanan bayi.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles