comScore
Share by :

Kenali 6 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Menstruasi

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/blurred-woman-holding-pregnancy-test_23-2148558195.jpg

Beberapa wanita mengalami tanda-tanada awal kehamilan seperti mual di pagi hari atau morning sickness hingga nyeri di punggungnya. Tapi ada juga wanita yang malah tak merasakan semua tanda awal kehamilan.

Biasanya dilakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack untuk mengetahui tubuh positif hamil atau tidak. Cara mudah ini dapat dilakukan di rumah untuk mengetahui kehamilan sejak dini. Namun ternyata, ada beberapa ciri dari tubuhmu yang menandakan kamu tengah hamil bahkan sebelum menstruasimu terlambat, lho.

Berikut 6 tanda awal kehamilan sebelum terlambat menstruasi dan tes kehamilan dilansir dari Motherly:

1. Ngidam

1. Ngidam
Image Source:https://www.freepik.com/

Perubahan hormon dalam tubuh dapat menimbulkan rasa ngidam atau menginginkan makanan tertentu. Bisa juga menimbulkan rasa benci terhadap makanan tertentu atau bahkan makanan favoritmu. Hal ini dapat berlangsung sepanjang masa kehamilan.

baca juga
2. Perubahan Pada Payudara

2. Perubahan Pada Payudara
Image Source:https://www.freepik.com/

Coba cek bagian payudaramu. Tanda awal kehamilan muncul di area sekeliling puting atau areola akan berwarna lebih gelap dan melebar dari biasanya. Payudara juga akan terasa lebih padat, kencang dan sensitif. Ada juga yang merasakan payudara menjadi lebih lunak, membengkak dan nyeri saat disentuh. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh.

3. Lebih Sering Buang Air Kecil

3. Lebih Sering Buang Air Kecil
Image Source:https://www.freepik.com/

Ginjal akan bekerja lebih keras sekitar dua minggu setelah pembuahan. Rasa ingin buang air kecil juga disebabkan rahim yang membesar dan mendorong kandung kemih. Peningkatan hormon progesteron juga turut mempengaruhi peningkatan frekuensi buang air kecil.

Yang perlu diwaspadai adalah munculnya sensasi panas atau terbakar saat kamu buang air kecil. Segera periksakan diri ke dokter karena kemungkinan itu adalah gejala infeksi saluran kemih.

baca juga
4. Mudah Lelah

4. Mudah Lelah
Image Source:https://www.freepik.com/

Meningkatnya hormon progesteron membuahmu lebih mudah mengantuk dimanapun dan kapanpun. Di trimester pertama kehamilan, ibu hamil biasanya mudah lelah dan mengantuk. Hindari mengonsumsi kafein untuk mengatasi rasa kantukmu ya, Moms. Karena hal ini bisa membahayakan janin dalam tubuhmu.

5. Mual

5. Mual
Image Source:https://www.freepik.com/

Morning sickness biasanya munjuk sejak 3 minggu kehamilan dan akan memuncak di 4-6 minggu kehamilan. Rasa mual juga bisa muncul akibat kamu mengonsumsi vitamin prenatal pra-kehamilan. Cobalah meminumnya di malam hari sebelum tidur. Vitamin dengan tambahan B6 juga dapat membantu mengurangi rasa mual.

6. Meningkatnya Suhu Tubuh Basal

6. Meningkatnya Suhu Tubuh Basal
Image Source:https://www.freepik.com/

Jika siklus menstruasimu teratur, biasanya suhu tubuh akan menurun di pagi hari satu hari sebelum menstruasi. Tapi jika kamu memperhatikan suhu tubuhmu tetap tinggi bahkan saat yang seharusnya adalah hari pertamamu menstruasi, ada kemungkinan kamu sedang hamil.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles