comScore
Share by :

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Saat New Normal dengan Cara Ini!

Bookmark
Image Source:https://image.freepik.com/free-photo/reading-e-book_1098-17144.jpg

Orang tua dan anak-anak sangat rentan dengan virus karena daya tahan tubuhnya belum seperti orang dewasa. Meski di rumah saja, Moms juga harus memerhatikan asupan nutrisi anak agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga di tengah pandemi seperti sekarang. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak saat new normal.

1. Jaga Mood Anak
1. Jaga Mood Anak
Image Source:https://www.freepik.com/

Selama masa karantina tentunya anak akan merasa bosan karena tidak bisa bersosialisasi bersama teman-temannya. Akan ada waktunya anak merasa bad mood karena hanya bisa bermain di rumah sendiri. Nah, ketika momen seperti ini datang, cobalah mencari cara agar anak tidak murung meski harus di rumah saja. Jika kondisi psikologis anak sedang tidak bagus, maka bisa menurunkan sistem imun pada tubuhnya lho, Moms. Maka dari itu, pentingnya peran orangtua atau keluarga terdekat untuk membuat anak agar tetap rileks. 

2. Rutin Konsumsi Sayur & Buah
2. Rutin Konsumsi Sayur & Buah
Image Source:https://www.freepik.com
Selain menjaga mood anak agar sistem imunnya tetap terjaga, Moms juga harus memberikan asupan nutrisi yang baik. Pastikan anak-anak rutin mengonsumsi sayur dan buah guna menangkal serangan virus dan bakteri. Ada baiknya anak-anak mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C. Karena vitamin C terbukti dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan virus.
 
baca juga
3.Jaga Kebersihan
3.Jaga Kebersihan
Image Source:https://www.freepik.com

Mulai saat ini ajarkan anak untuk terbiasa hidup dengan cara yang baru di tengah pandemi virus seperti sekarang. Pelan-pelan ajarkan anak untuk selalu rutin cuci tangan, menggunakan sanitizer dan tidak sembarangan menyentuh barang-barang di sekitarnya. Memang tidak mudah mengubah kebiasaan Si kecil untuk menjadi lebih memerhatikan kebersihan, namun Moms bisa memberikan penjelasan apa itu virus, bakteri, atau kuman dan bahayanya jika masuk ke tubuh manusia. Tentunya dengan cara dan perkataan yang mudah dimengerti oleh Si kecil ya, Moms. 

4. Lakukan Aktivitas Fisik
4. Lakukan Aktivitas Fisik
Image Source:https://www.freepik.com

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik selama satu jam per hari bagi anak-anak. Hal ini karena selama masa pandemi COVID-19, anak-anak pasti banyak melakukan aktivitas di dalam rumah. Mungkin Moms bisa mengajak anak berolahraga dengan cara jalan pagi di sekitar rumah, bersepeda atau bermain yang sedikit menguras fisik anak. Namun, pastikan anak dalam kondisi tubuh yang fit ketika berolahraga. 

baca juga
5. Ajak Anak Berjemur
5. Ajak Anak Berjemur
Image Source:https://www.freepik.com/
Beberapa dokter menyarankan untuk berjemur agar sistem imunitas tubuh meningkat untuk mencegah kita dari virus. Ajak anak untuk berjemur setidaknya 3-4 kali dalam seminggu agar ia mendapat asupan vitamin D. Berjemurlah antara jam 9-10 pagi selama 10 menit agar sistem imun anak terjaga. Agar aktivitas berjemur lebih menyenangkan, ajak anak sambil bermain atau melakukan aktivitas yang ia sukai ya, Moms.  
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles