comScore
Share by :

Rahasia Sukses Turunkan Berat Badan 65 Kg, Bisa Ditiru Nih, Moms!

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/158d98afc2fa537ccf0ff2f6e5792939.jpeg

Memiliki berat badan berlebih memang tidak sehat, selain itu berat badan berlebih membuat kita tidak bebas mengenakan berbagai macam pakaian yang disukai. Seperti seorang pria asal Negeri Jiran Malaysia. Karena merasa tidak nyaman dengan berat badannya yang berlebih, pria ini kemudian melakukan diet dan sukses lho, Moms. Kira-kira apa ya, rahasianya? Yuk ikuti ulasannya berikut ini!

Seperti dilansir Haibunda, seorang pria asal Malaysia bernama Norazman Md Noh berhasil menurunkan berat badan sekitar 65kg selama tiga tahun. Padahal, sebelum melakukan diet, dia memiliki berat badan sekitar 130 kg.

Pria 42 tahun itu mengaku banyak kejadian di masa lalu yang membuatnya semangat menurunkan berat badan. Salah satunya saat terserang tekanan darah tinggi ketika bertugas di Sabah.

Rahasia Sukses Turunkan Berat Badan 65 Kg, Bisa Ditiru Nih, Moms!
Image Source:https://www.haibunda.com/
"Sewaktu dalam perjalanan menaiki ambulans ke rumah sakit, terlintas di pikiran mengenai anak dan istri. Ini menjadi turning point saya," kata Norazman, dikutip dari MStar.
Source:https://www.haibunda.com/

Tidak hanya itu, Norazman merasa berat badannya menjadi penghalang dalam beraktivitas. Bahkan sempat membuatnya malu2 lho, Moms. Dia juga mengaku banyak menemui kesulitan ketika berat badannya masih berlebih. Seperti kesulitan duduk saat shalat dan ke toilet.

"Susah cari baju, tidak bisa beli baju langsung jadi. Selain itu, susah duduk saat solat, susah ke toilet, mau buang air pun tangan sulit digunakan untuk membersihkan," ujar Norazman.

Norazman juga mengaku pernah tiga atau empat kali mematahkan kursi di tempat makan dan asrama. Dan hal itu sangat memalukan untuknya.

Norazman sempat mencoba berbagai macam diet, mulai dari berolahraga di gym, mencoba cara herbal, tak makan nasi, dan mencoba bermacam-macam produk untuk menurunkan berat badan. Sampai akhirnya Norazman bertemu dengan seseorang yang membantunya. Orang tersebut beratnya pernah turun 40 kg.

Dukungan paling besar justru datang dari sang istri. Meski pada awalnya istri Norazman tidak setuju, lama-kelamaan setelah melihat kesungguhan suaminya, sang istri langsung membantu.

Rahasia Sukses Turunkan Berat Badan 65 Kg, Bisa Ditiru Nih, Moms!
Image Source:https://www.haibunda.com/
"Dia banyak menolong, kami berdua masak makanan yang sehat. Saya sekarang belum mencapai berat badan ideal dan masih harus menurunkan lagi. Usaha ini masih terus dilakukan," papar Norazman.
Source:https://www.haibunda.com/

Dalam unggahan di akun Facebook miliknya, Norazman sering membagikan perubahan bentuk tubuhnya. Termasuk menu makanan yang disantapnya untuk menurunkan berat badan.

baca juga

Masih dikutip dari Haibunda, menurut dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, orang yang melakukan diet disarankan untuk melakukan diet yang disesuaikan dengan kebutuhan makronutrien, seperti karbohidrat, lemak, dan protein.

Rahasia Sukses Turunkan Berat Badan 65 Kg, Bisa Ditiru Nih, Moms!
Image Source:https://reisha.net/
"Diet yang disarankan adalah diet gizi seimbang dengan ketentuan jumlah kebutuhan makronutrien," kata Merdina.
Source:https://reisha.net/

Dilansir Reisha, diet yang baik dapat diterapkan seterusnya dalam jangka panjang hingga mengubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat. Tapi biasanya sulit sekali untuk memulai hal ini. Keinginan ada, tapi bagaimana memulainya?

Langkah Sederhana untuk Memulai Diet

  • Ganti pilihan makanan, contohnya:
    • Ganti camilan yang berkalori tinggi menjadi camilan yang padat gizi.
    • Ganti produk buah yang sudah diberi tambahan pemanis menjadi buah.
    • Ganti refined grains menjadi whole grains.
    • Ganti camilan yang manis dan banyak gula menjadi camilan sehat tanpa gula garam.
    • Ganti lemak padat menjadi minyak.
    • Ganti minuman manis dengan minuman tanpa pemanis.
  • Ganti cara pengolahan makanan, contohnya dari digoreng menjadi dikukus atau direbus.
  • Perlahan kurangi porsi makanan per kali makan.
  • Tidak perlu terpaku pada kalori.
Jadi bagaimana, Moms? Mau mulai diet hari ini atau besok?
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles