comScore
Share by :

Punya Warna Ungu yang Cantik, Ini 5 Fakta Menarik Buah Mangga Irwin

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/fe5a41655278fd56b05cc3c4fdc7c186.jpeg

Mangga umumnya dikenal memiliki warna kulit yang hijau ataupun orange. Tapi baru-baru ini, ada mangga dengan warna kulit ungu. Mangga unik ini dikenal dengan nama Mangga Irwin. Kulitnya berwarna ungu yang cantik mirip dengan terong. Mangga eksotis ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak dan bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran seperti apa mangga berwarna ungu?

1. Berasal dari Australia
Dilansir dari DetikFood, mangga ungu ini memiliki nama latin Magnifera Indica. Mangga varietas ini berasal dari Australia. Berbeda dengan mangga lain, mangga ini tidak memiliki warna kulit kuning, orange ataupun hijau, melainkan warna kulit mangga ini adalah merah ke ungu.

Dikenal berasal dari Australia, mangga Irwin ini ternyata dikembangkan pertama kali di Florida Selatan. Pada tahun 1939, pohon mangga ini ditanam di Miami dan berbuah pertama pada 1945. Semenjak itu, mulai pada tahun 1949, bibit pohon mangga Irwin ini disebarluaskan ke berbagai penjuru daerah. Pada tahun 1970, mangga Irwin mulai tumbuh dan berkembang di beberapa negara, termasuk Australia. Tak disangka, di negeri Kangguru ini, mangga Irwin tumbuh sangat subur, sehingga banyak orang yang mengira mangga ini berasal dari Australia.
1. Berasal dari Australia
Image Source:http://www.tanamanmart.com
2. Berwarna ungu dan memiliki karakter yang unik

Mangga Irwin terkenal karena warnanya yang unik dan berbeda dari mangga lainnya. Sejak masih kecil, mangga Irwin sudah berwarna merah keunguan. Warna ungu ini semakin cerah dan mengkilap ketika mangga Irwin semakin besar. Warna ungu yang cerah pada mangga ini berasal dari tingginya zat antosianin. Walaupun berwarna ungu, mangga Irwin masih memiliki kandungan klorofil di dalamnya dengan jumlah yang sedikit

Perbedaan bentuk mangga Irwin tidak jauh berbeda dengan mangga lainnya. Mangga Irwin memiliki bentuk pangkal yang bulat dan meruncing pada ujungnya. Permukaan kulit mangga Irwin ini halus. Walaupun tidak sebesar mangga biasanya, mangga Irwin bisa mencapai berat 500 gram.

2. Berwarna ungu dan memiliki karakter yang unik
Image Source:http://www.tanamanbuahasri.com
baca juga
3. Rasa yang manis

Tidak seperti kulitnya, daging buah mangga Irwin tetaplah berwarna kuning cerah hingga orange ketika sudah matang, layaknya mangga biasa. Aroma dan rasa mangga ini sangatlah manis. Daging buah mangga Irwin tebal, karena memiliki biji yang tipis dan kecil. Dagingnya pun padat dan berserat halus. Yang membuat unik, mangga Irwin cenderung agak bertepung. Hal ini menandakan bahwa mangga Irwin memiliki kandungan pati yang cukup banyak.

3. Rasa yang manis
Image Source:http://www.berkebunbuah.com
4. Banyak manfaat

Buah mangga Irwin ternyata memiliki segudang manfaat di dalamnya. Mengandung banyak vitamin C, buah mangga ini dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Vitamin D dan zat besi di dalamnya juga bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi juga dapat mengobati penyakit anemia atau kekurangan darah. Di dalam daging buah mangga ini, ada antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Beberapa penelitian menyebutkan mangga Irwin dapat mengobati diabetes militus. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan flavaniod serta antosianin di dalamnya.

4. Banyak manfaat
Image Source:http://www.bukalapak.com
baca juga
5. Harga yang tinggi

Mangga Irwin masih sulit ditemukan, sehingga wajar bila harganya cukup mahal. Satu kilo mangga Irwin dibanderol mulai Rp120.000. Mangga ini termasuk cukup langka di pasaran. Di Indonesia, sudah banyak petani yang membudidayakan mangga Irwin. Penjual bibit mangga Irwin pun cukup banyak. Bibit mangga ini dibanderol sekitar Rp30.000 hingga Rp50.000 per batang bibit. Pohon mangga Irwin dapat tumbuh di dataran rendah dengan cuaca panas. Panen buah mangga diperkirakan setelah usianya 3-4 tahun yang berlangsung pada bulan Juni hingga Juli.

5. Harga yang tinggi
Image Source:http://www.tanamanmart.com
Nah, itu dia Moms, tentang mangga Irwin. Mangga yang unik dan berwarna ungu. Tertarik mencobanya, Moms? Jangan lupa, cicipi juga sambal mangga muda yang segar dan bikin nagih, Moms!
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles