comScore
Share by :

Mommyrexia, Diet Saat Hamil yang Membahayakan Ibu dan Janin

Bookmark
Image Source:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTX68bT65IYS2ILnZxhlRIOcrahrcCWjjolZq82ZZek5rDAop9g

Mengalami kenaikan berat badan saat hamil merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Hal ini sangat dimaklumi, baik oleh ibu hamil maupun oleh lingkungan sekitarnya termasuk pasangan. Tapi tidak bagi ibu hamil yang mengalami sindrom mommyrexia. Sindrom ini mulai menjadi tren saat beberapa selebriti dunia memamerkan foto mereka saat hamil. Hampir tidak ada perbedaan berat badan sebelum dan saat sedang hamil.

Apa itu Mommyrexia?

Mommyrexia merupakan suatu kondisi dimana wanita hamil tidak ingin mengalami kenaikan berat badan demi menjaga bentuk tubuh idealnya. Hal ini dilakukan demi menjaga bentuk tubuhnya di depan pasangan dan tidak ingin terlihat gendut di depan umum.

Pengidap mommyrexia akan melakukan diet ketat dan olahraga keras demi terjaganya berat badan ideal. Padahal, kenaikan berat badan saat hamil sangat wajar karena adanya janin yang sedang berkembang dalam tubuh ibu hamil. 

Selain itu, wanita hamil pengidap mommyrexia akan berusaha sekeras mungkin untuk mengembalikan bentuk tubuh idealnya beberapa minggu, atau bahkan beberapa hari pasca melahirkan sang buah hati.

Mommyrexia, Diet Saat Hamil yang Membahayakan Ibu dan Janin
Image Source:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQkdCkJh_RHovzWZa1accpiwck_Pg9cHINagjgO220XIJGEPJy6

Dampak Mommyrexia

Sindrom mommyrexia sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin. Jika ibu hamil melakukan diet ketat dan olahraga keras saat hamil, serta mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh, maka berisiko melahirkan bayi yang tidak sempurna. Bayi yang dilahirkan bisa berisiko lahir prematur, berat badan bayi rendah, perkembangan tidak sempurna, serta gangguan pernapasan.

Selain berisiko bagi janin dalam kandungan, sindrom ini juga berbahaya bagi ibu hamil yang bisa mengalami kekurangan nutrisi, penyakit jantung, anemia, persalinan prematur, cedera saat berolahraga, dan masalah kesehatan lainnya.

Mommyrexia, Diet Saat Hamil yang Membahayakan Ibu dan Janin
Image Source:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTjOJSxp4Z4uwLqTsVoVSj36w7DupW0Gp9YdngzWXsjAuu1umTv
baca juga

Tips Menjaga Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Walaupun kenaikan berat badan saat hamil adalah normal dan wajar terjadi, Moms harus tetap menjaga kenaikan berat badan dalam rentang yang ideal yaitu 12.5 sampai 17.5 kilogram. Untuk menjaga kenaikan beray badan dengan tetap memenuhi nutrisi bayi, Moms bisa mengurangi konsumsi gorengan dan karbohidrat.

Ganti cemilan gorengan dengan menggunakan kacang-kacangan atau buah dan sayur. Selain itu, konsumsi suplemen dengan kandungan yang sulit diperoleh dari makanan seperti asam folat dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan bayi dan ibu hamil. 

Mommyrexia, Diet Saat Hamil yang Membahayakan Ibu dan Janin
Image Source:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSwr8uzlaYzCDBW7m0uY0h8IsxjqBvyVWAakJfFzFPVVWdBOri0

Kenaikan berat badan saat hamil merupakan hal yang wajar terjadi. Oleh karena itu, Moms tidak perlu khawatir dengan perubahan bentuk tubuh saat hamil. Jika lingkungan sekitar tidak mendukung perubahan bentuk tubuh Moms, percayalah bahwa kehadiran si kecil yang sehat dan sempurna akan memberikan kebahagiaan yang lebih dibandingkan dengan komentar lingkungan sekitar mengenai bentuk tubuh. Jangan lupa selalu jaga kesehatan saat hamil ya, Moms!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles