comScore
Share by :

BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, Apa Bedanya Sih?

Bookmark
Image Source:https://www.panduanbpjs.com/wp-content/uploads/2016/04/perbedaan-bpjs-kesehatan-dan-ketenagakerjaan.jpg

Dalam meningkatkan jaminan sosial bagi masyarakat Indonesia, pemerintah mendirikan badan penyelenggara jaminan sosial, atau yang banyak dikenal dengan sebutan BPJS. Sesuai dengan namanya, BPJS tentu merupakan sebuah badan hukum publik yang bertugas memberikan jaminan sosial dari segi kesehatan hingga ketenagakerjaan. Tentu Mommy sudah tahu bahwa ada dua jenis BPJS, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Namun, apakah Mommy tahu perbedaan dari keduanya? Jika belum, simak ulasan mengenai perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan berikut ini.

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Sampai saat ini, sebagian besar masyarakat Indonesia tampaknya masih bingung dalam membedakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan BPJS Kesehatan. Bahkan, banyak dari mereka yang menganggap bahwa keduanya sama. Padahal, keduanya merupakan dua badan yang memiliki fokus berbeda.

BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, Apa Bedanya Sih?
Image Source:https://www.woke.id/

BPJS Ketenagakerjaan

Dilansir dari Website resminya, BPJS Ketenagakerjaan adalah badan perlindungan hukum yang merupakan transformasi dari PT Jamsostek (Persero). Badan ini bertugas memberikan perlindungan terhadap seluruh tenaga kerja di Indonesia, baik para tenaga kerja yang bekerja secara formal maupun yang bekerja secara nonformal.

BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, Apa Bedanya Sih?
Image Source:https://www.liputan6.com/
baca juga

BPJS Kesehatan

Di sisi lain, BPJS Kesehatan adalah badan hukum publik yang merupakan transformasi dari PT Asuransi Kesehatan (Askes) (Persero). Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan bertugas untuk memberikan perlindungan pada kebutuhan mendasar kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, Apa Bedanya Sih?
Image Source:https://www.tempo.co/

Meskipun begitu, kedua badan ini sama-sama didasari pembentukannya melalui UU tentang BPJS. Bedanya, BPJS Kesehatan sudah mulai beroperasi lebih awal, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan baru mulai beroperasi sejak 1 Juli 2015. Dalam menjalankan fungsi serta tugasnya, BPJS Kesehatan harus melayani kebutuhan perlindungan kesehatan masyarakat sesuai dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal ini tentu meliputi pelayanan kesehatan untuk masyarakat tingkat pertama, pelayanan kesehatan untuk rujukan tingkat lanjutan, serta fasilitas pelayanan rawat inap.

BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, Apa Bedanya Sih?
Image Source:https://www.tirto.id/
baca juga

Nah, sedangkan untuk fungsi dan tugas BPJS Ketenagakerjaan antara lain adalah pelayanan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), dan Jaminan Pensiun (JP). Setelah mengalami perubahan dari Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan, pemerintah menambah satu program untuk jaminan sosial ketenagakerjaan berupa Jaminan Pensiun (JP).

BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, Apa Bedanya Sih?
Image Source:http://www.pasienbpjs.com/

Nah, itulah perbedaan dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang perlu Mommy tahu. Meskipun begitu, keduanya juga memiliki kesamaan. Salah satunya adalah keduanya mengenakan iuran wajib pada masyarakat dan tenaga kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku tentang BPJS.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles