comScore
Share by :

6 Manfaat Air Rendaman Biji Ketumbar, Atasi Diabetes Hingga Anemia

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/737c7e8ebb67794fc3e72ac6674675ce.jpeg

Selain menjadi bahan pelengkap masakan, biji ketumbar bisa direndam di dalam air kemudian diminum untuk mendapatkan khasiatnya. Rutin mengonsumsi air rendaman biji ketumbar baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya bagi tulang. Simak yuk penjelasan lengkapnya tentang manfaat minum air rendaman biji ketumbar.

Ketumbar menjadi bumbu dapur untuk menambah rasa pada masakan agar lebih lezat. Moms bisa memanfaatkan biji ketumbar untuk direndam pada air, kemudian diminum air rendamannya. Hal tersebut dikarenakan biji ketumbar mengandung banyak nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh, mengatasi pencernaan, serta baik untuk tulang. Masih banyak lagi khasiat dari meminum air rendaman ketumbar, lho, moms.

6 Manfaat Air Rendaman Biji Ketumbar, Atasi Diabetes Hingga Anemia
Image Source:https://www.publicinsta.com
Mengatasi Diabetes

Masalah diabetes dan kolesterol tinggi harus segera diatasi karena penyakit tersebut menjadi penyakit yang serius. Air rendaman biji ketumbar berkhasiat menurunkan kadar gula dalam darah. Biji ketumbar sendiri memiliki efek yang merangsang kelenjar endokrin yang berfungsi meningkatkan insulin pada darah dan pankreas, sehingga gula darah menurun. Masalah pada kesehatan jantung dan kolesterol pun bisa diatasi dengan rutin setiap malam hari meminum air rendaman ketumbar.

Mengatasi Diabetes
baca juga
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat lainnya dari air rendaman biji ketumbar yakni mampu menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Kandungan biji ketumbar sendiri bersifat anagetik yang berkhasiat meredakan sakit gigi. Kesehatan gigi dan mulut bisa dialami siapa saja, karena salah satu penyebab kesehatan gigi dan mulut terganggu karena bakteri. Oleh karena itu, biji ketumbar yang memiliki kandungan antibakteri, mampu menyehatkan gigi dan mulut.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Mencegah Batuk dan Flu

Meminum air rendaman ketumbar mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang batuk dan flu. Banyak kandungan bermanfaat yang terkandung di dalam air rendaman ketumbar seperti vitamin A, vitamin C, asam folat dan beta-karoten yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Selain mencegah batuk dan flu, penyakit tersebut juga bisa cepat diobati jika rutin mengonsumsi air rendaman ketumbar.  

Mencegah Batuk dan Flu
baca juga
Obat Anemia

Penyebab moms mengalami anemia karena tubuh kekurangan serta tidak mampu menyerap zat besi, sehingga tubuh kekurangan darah. Tubuh juga akan bereaksi seperti merasa pusing / sakit kepala, kelelahan, detak jantung lebih cepat, napas terengah-engah, dan sakit di bagian dada. Biji ketumbar mengandung vitamin dan mineral, salah satunya zat besi yang ditubuhkan tubuh penderita anemia. Maka dari itu, bagi penderita anemia, sebaiknya rutinlah mengonsumsi air rendaman ketumbar sebagai obat anemia.

Obat Anemia
Melancarkan Sistem Pencernaan

Usus besar bisa saja mengalami iritasi, sehingga sistem pencernaan terganggu seperti mengalami diare, sembelit, cacingan, dan perut kembung. Biji ketumbar mengandung senyawa cineol, beta-phelandrene, limonene, dan alpha-pinene yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut mampu menghilangkan bakteri yang ada di dalam usus setelah mengonsumsi air rendaman ketumbar. Biji ketumbar juga mengandung antioksidan yang bisa memproduksi enzim pencernaan, serta membantu pergerakan usus.

Melancarkan Sistem Pencernaan
Mencegah Osteoporosis

Biji ketumbar mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, niacun, asam folat, riboflavin, kalsium, dan karoten. Zat-zat tersebut memiliki khasiat bagi tulang yakni mampu mencegah terjadinya osteoporosis, sekaligus menyehatkan persendian. Untuk menyehatkan tulang, moms bisa meminum air rendaman ketumbar setiap hari.

Mencegah Osteoporosis
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles