comScore
Share by :

Bolehkah Berhubungan Seks Saat Hamil Muda? Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan

Bookmark
Image Source:https://oss.mommyasia.id/photo/temporary/71b11b6eee7e1f0596ffbed7cab3d517.jpeg

Saat hamil muda moms akan mengalami banyak keraguan dalam melakukan banyak hal, termasuk berhubungan seksual dengan suami. Benarkah hubungan seks selama hamil muda bisa membahayakan janin? Daripada hanya menduga-duga, simak penjelasan berikut ini moms.

Saat hamil muda, terutama ketika hamil untuk pertama kali, akan muncul beragam kekhawatiran dalam benak ibu hamil termasuk dalam hal hubungan seksual bersama suami. Kekhawatiran tersebut terutama tertuju pada keamanan janin yang dikandung, apalagi banyak mitos beredar terkait hal ini. Jadi sebenarnya apakah aman berhubungan seksual ketika hamil muda? Begini penjelasannya.

Hindari Hubungan Seksual Jika Ibu Hamil Mengalami Ini

Pada dasarnya berhubungan seksual selama masa hamil muda adalah hal yang aman dilakukan. Syaratnya, ibu hamil harus tidak memiliki masalah kehamilan seperti riwayat keguguran, pernah mengalami pendarahan vagina atau bercak darah selama kehamilan, sering sakit perut atau kram selama kehamilan, rahim ibu hamil cenderung lemah, ibu hamil mengandung 2 bayi atau lebih, atau janin memiliki plasenta previa.

Hindari Hubungan Seksual Jika Ibu Hamil Mengalami Ini
baca juga
Yang Harus Diperhatikan Ketika Berhubungan Seks Saat Hamil Muda

Selain harus tidak memiliki masalah-masalah kehamilan seperti yang disebutkan di atas, hubungan seksual juga akan lebih aman dilakukan jika ibu hamil dan pasangan memperhatikan hal-hal yang mendukung berjalannya hubungan seksual jadi lebih mulus. Beberapa hal yang bisa mempermudah hubungan seksual yang dilakukan semasa hamil muda di antaranya yaitu: 

Yang Harus Diperhatikan Ketika Berhubungan Seks Saat Hamil Muda
Suasana yang Nyaman

Gairah seksual ibu hamil sering kali berubah menjadi tidak stabil akibat adanya beragam gejala dan perubahan yang dialami selama trisemester pertama kehamilan. Oleh sebab itu, jika ingin melakukan hubungan seksual, pasangan harus menciptakan suasana yang nyaman. Pastikan ruangan berada pada suhu yang tepat, alas atau tempat tidur yang tersedia bersih, serta tidak terdapat aroma menyengat yang bisa memicu ibu hamil menjadi mual. 

Suasana yang Nyaman
baca juga
Dilakukan dalam Posisi yang Aman

Saat hamil sebaiknya diskusikan bersama pasangan mengenai posisi yang paling aman dan nyaman untuk melakukan hubungan intim. Posisi seks berperan penting dalam menjaga keamanan janin yang dikandung ibu. Sebaiknya posisi hubungan seksual yang dipilih adalah posisi yang tidak memberikan tekanan pada perut ibu hamil seperti spooning atau woman on top.

Dilakukan dalam Posisi yang Aman
Rileks Saat Melakukan Penetrasi

Hal terakhir yang harus diperhatikan sebelum melakukan hubungan seksual di masa hamil muda yaitu mind set atau pikiran ibu hamil itu sendiri. Pastikan untuk tidak melakukan hubungan di saat ibu hamil merasa belum siap. Jangan juga terlalu stres memikirkan keamanan atau keberhasilan hubungan seksual yang akan dilakukan. Lakukan foreplay dengan perlahan, tetap tenang dan rilekslah selama penetrasi dilakukan.

Rileks Saat Melakukan Penetrasi
You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles