comScore
Share by :

Tips Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Ketahui Penyebabnya Juga Yuk!

Bookmark
Image Source:http://cdn.womensunitedonline.com/articles/image/P&B/pregnancy-hair-loss.jpg

Wanita yang mengalami kerontokan rambut pasca persalinan atau rambut rontok setelah kehamilan biasanya akan melihat kerontokan yang mendadak dalam jumlah banyak. Biasanya kerontokan terjadi pada 6 bulan pertama setelah melahirkan. Tentu hal ini akan menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan bagi para ibu. Apalagi mengingat itu juga bersamaan dengan periode sibuk mengurus bayi. Tapi jangan bingung, ini dia perawatan tepat yang bisa Mommy lakukan untuk mengatasi rambut rontok pasca persalinan. Yuk, simak!


Penyebab Rambut Rontok Pasca Persalinan

Rata-rata seseorang akan kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Namun, itu tidak terjadi sekaligus atau bersamaan. Tapi ini semua akan berubah saat seorang wanita sedang mengandung. Pasalnya, hormon-hormon kehamilan akan menjaga rambut-rambut itu agar tidak rontok. Akibatnya  membuat rambutmu terlihat sama suburnya dan tebal. Tetapi semua hal baik ternyata ada akhirnya.

Setelah melahirkan hormon-hormon itu turun kembali normal, rambut-rambut yang sebelumnya bertahan akan ikut berguguran. Namun, ada beberapa perawatan yang bisa Mommy lakukan untuk mencegah rambut rontok berlebihan, seperti:

Tips Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Ketahui Penyebabnya Juga Yuk!
Image Source:http://hairlossandcare.com/

1. Jaga rambut tetap sehat dan kuat dengan menjaga asupan makan dengan baik. Selain itu, Mommy juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin prenatal yang dapat menyeimbangkan asupan gizi dan nutrisi harian untuk rambut yang lebih baik.

baca juga

2. Pastikan untuk memperlakukan rambut dengan lebih lembut selama periode rontok pasca persalinan untuk mencegah kerontokan rambut setelah kehamilan yang lebih parah. Gunakan shampo maksimal 2 hari sekali dan selalu lengkapi dengan penggunaan kondisioner yang memang biasa Mommy gunakan. Selain itu, gunakan juga sisir bergigi jarang untuk meminimalkan kusut dan tertarik. Jangan gunakan karet gelang untuk mengikat rambut. Sebaliknya, gunakan scrunchies atau jepit rambut untuk menjepit rambut.

3. Hindari penggunaan alat pengering rambut, alat pengeriting rambut, atau catokan semaksimal mungkin. Selain itu, hindari perawatan rambut dengan bahan dasar kimia seperti rebonding, pengecatan, dan lain sebagainya hingga kerontokan berhenti.

baca juga

4. Konsultasikan pada dokter jika rambut rontok yang kamu alami berlebihan. Apalagi jika rambut rontok diikuti dengan gejala lain yang mencurigakan. Pasalnya, rambut rontok setelah kehamilan bisa menjadi tanda tiroiditis pasca persalinan.

Tips Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Ketahui Penyebabnya Juga Yuk!
Image Source:https://americanpregnancy.org/


Itulah beberapa hal yang dapat Mommy lakukan untuk meminimalisir kerontokan rambut pasca persalinan. Sebagian wanita juga memilih untuk memotong rambutnya untuk mengurangi beban rambut sehingga rontok lebih berkurang.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles