comScore
Share by :

Metode MPASI BLW Untuk Bayi, Apa Saja Kelebihannya?

Bookmark
Image Source:https://cognikids.com/wp-content/uploads/2018/08/AM_TryBabyLedWeaning3.jpg

Makan bersama dengan si kecil di waktu yang sama, di meja yang sama, dan berbagi makanan yang sama adalah inti dari metode MPASI BLW atau Baby Led Weaning. Mommy tidak perlu memikirkan olahan "makanan bayi", puree, atau menyuapi si kecil sendok per sendok. Sebaliknya, mereka akan dibiasakan dengan menyuapi diri mereka sendiri, menjelajahi dan menikmati makanan orang dewasa yang sehat, serta merasakan langsung cita rasa dari makanan padat. Namun, apakah itu semua aman dan baik untuk tumbuh kembang bayi? Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kelebihan metode BLW untuk MPASI anak. Yuk, simak!


1. Menjadi Momen Bayi Belajar tentang Makanan

Metode MPASI BLW Untuk Bayi, Apa Saja Kelebihannya?
Image Source:https://www.parents.com/

Metode BLW merupakan metode alami pemberian makanan pertama pada bayi yang menyenangkan. Tidak hanya itu, bayi yang diberi makan sendiri mendapat momen belajar tentang tampilan, bau, rasa, dan tekstur makanan yang berbeda sejak awal. Metode MPASI yang dikendalikan sendiri oleh bayi dapat membantunya mengenali rasa yang berbeda di beberapa makanan seperti kentang, ayam, atau bahkan wortel.


2. Melatih Kepercayaan Diri Anak

Metode MPASI BLW Untuk Bayi, Apa Saja Kelebihannya?
Image Source:https://www.tasteofhome.com/

Mendapatkan bayi menentukan sendiri hal-hal menarik untuk diri mereka sendiri tidak akan mungkin terjadi jika jika mereka tidak memiliki rasa kepercayaan diri. Nah, metode BLW ini ternyata juga memberikan peran dalam melatih kemampuan dan penilaian pada diri mereka sendiri. Ketika seorang bayi mengambil sesuatu dan membawanya ke mulutnya, dia akan merasakan langsung apa yang ia makan. Ini mengajarkan kepadanya bahwa ia mampu mewujudkan hal-hal baik, yang nantinya dapat membangun rasa percaya diri.

baca juga


3. Mengendalikan Nafsu Makan

Metode MPASI BLW Untuk Bayi, Apa Saja Kelebihannya?

Kebiasaan makan yang dikembangkan selama masa kanak-kanak akan mempengaruhi perilaku makannya seumur hidup. Bayi yang diperbolehkan memilih apa yang akan dimakan dari berbagai makanan bergizi sesuai dengan keinginannya, dan untuk memutuskan kapan mereka sudah kenyang, memiliki kemungkinan kecil untuk makan berlebihan ketika mereka lebih dewasa. Ini mungkin menjadi bagian penting untuk mencegah obesitas.


4. Membangun Momen Kebersamaan dengan Orangtua

Metode MPASI BLW Untuk Bayi, Apa Saja Kelebihannya?
Image Source:https://www.goodtoknow.co.uk/

Makan bersama dengan orangtua sejak kecil akan menjadi rutinitas yang baik untuk mendekatkan hubungan orangtua dan balita. Momen makan bersama juga akan menjadi bagian di mana anak-anak terbiasa untuk makan dengan etika sebagaimana yang dicontohkan dengan orangtuanya.

baca juga


5. Tidak Perlu Drama dan Jebakan

Metode MPASI BLW Untuk Bayi, Apa Saja Kelebihannya?
Image Source:https://littlepeepseats.com/

Terakhir, banyak orang tua yang menyuapi bayi mereka dengan makanan bayi mendapati kesulitan berupa anak susah makan. Membujuk dengan beragam drama menjadi salah satu bagian yang sulit untuk dilalui orangtua dengan anak yang picky eater. Namun, tidak bagi mereka yang menjalani metode BLW di mana orangtua perlu menghormati keputusan si kecil tentang apa yang harus dimakan (atau tidak dimakan) dan kapan harus berhenti makan.

Jadi, tertarik mencoba metode BLW untuk MPASI si kecil?

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles