comScore
Share by :

Penanganan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Bookmark
Image Source:https://dou3uzl0r1qje.cloudfront.net/wp-content/uploads/2018/02/baby_detail1.jpg

Saat tidur, sangat biasa untuk para bayi bergerak dan berguling. Tidak heran jika banyak sekali kejadian bayi jatuh dari tempat tidur saat tidur. Jika ini terjadi, para ibu harus dapat dengan cepat menangani situasi dengan tenang dan mencari dengan cermat tanda-tanda cedera. Meskipun hal ini bisa mengkhawatirkan, jatuh dari tempat tidur biasanya tidak menyebabkan bahaya serius. Nah, berikut ini adalah ulasan yang harus Mommy tahu untuk informasi tentang apa yang harus dilakukan jika bayi jatuh dari tempat tidur, kemungkinan cedera yang dapat ditimbulkannya, dan cara merawat sesudahnya.


Penanganan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Saat bayi atau balita jatuh dari tempat tidur, pastikan agar Mommy tetap tenang dan cepat menilai situasi yang sebenarnya terjadi. Mommy dapat segera menghubungi dokter, jika:

  • bayi telah kehilangan kesadaran
  • bayi mengeluarkan banyak berdarah
  • bayi mengalami cedera kepala serius

Memindahkan bayi dengan cedera kepala atau tulang belakang dapat menyebabkan komplikasi serius. Namun, jika hal-hal tersebut tidak terjadi, tidak apa-apa untuk memindahkannya dengan perlahan ke lokasi yang lebih aman.

Penanganan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur
Image Source:https://www.discrepando.com/

Jika bayi muntah atau kejang, balikkan bayi dengan lembut ke samping. Pastikan leher bayi tetap lurus saat dibalikkan. Namun, apabila si kecil tampak menangis dan terkejut, gendonglah ia dan hibur mereka jika memang tidaktidak ap untuk mengambil bayi dan menghibur mereka jika mereka tidak memiliki cedera serius.

Periksa dengan teliti, perhatikan kepala mereka apakah ada benjolan, memar, atau cedera lainnya. Jangan lupa untuk memeriksa juga seluruh tubuh bayi, termasuk lengan, kaki, dada, dan punggung. Jika bayi tidak menunjukkan tanda-tanda cedera yang terlihat, Mommy cukup untuk memonitor mereka dengan cermat dalam waktu yang singkat untuk memastikan bahwa tidak ada yang berubah dan bermasalah.

baca juga


Penanganan Bayi Setelah Jatuh

Bayi mungkin akan sedikit mengantuk setelah jatuh, apalagi jika itu terjadi selama atau setelah atau sebelum waktu tidur siang. Jadi, pastikan untuk membiarkan bayi beristirahat. Namun, dokter juga menyarankan untuk membangunkan bayi secara berkala untuk memeriksa apakah ia benar-benar baik-baik saja. Dengan membangunkan bayi Mommy dapat dengan lebih mudah mendeteksi tanda-tanda cedera kepala yang lebih parah. Pastikan juga bayi dalam kondisi:

  • bernafas secara normal
  • mengenali orang tua atau pengasuh mereka
  • mudah dibangunkan
Penanganan Pertama Saat Bayi Jatuh dari Tempat Tidur
Image Source:https://www.healthline.com/

Jatuh dari tempat tidur dapat menyebabkan sakit kepala, leher, atau tubuh pada bayi. Pastikan untuk tidak memberikan obat sembarangan selain tanpa izin dan resep dari dokter. Selain itu, pahami juga bahwa istirahat adalah perawatan terbaik untuk cedera kepala. Orang tua dan pengasuh harus mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang lebih tenang selama beberapa hari dan memastikan bahwa bayi menghindari aktivitas berat.


Mencegah Bayi Jatuh dari Tempat Tidur

Mencegah bayi jatuh adalah cara terbaik untuk menjaga bayi dari cedera kepala. Namun, kecelakaan bisa saja terjadi tanpa diprediksi. Setelah bayi jatuh, penting untuk mengevaluasi kembali penjagaan dan pengawasan anak di rumah. Jangan pernah meninggalkan bayi di tempat tidur orang dewasa tanpa pengawasan, bahkan jika bantal dan guling yang disusun untuk mencegah mereka terjatuh.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles