comScore
Share by :

Tak Hanya Kaya Manfaat, Ketahui Juga Risiko Mengonsumsi Jahe Berlebihan

Bookmark
Image Source:https://mommyasia-public.oss-ap-southeast-5.aliyuncs.com/photo/temporary/0f33186845c11f3ec256c3e1ddf02914.jpeg

Minum secangkir air jahe ketika malam atau saat hujan turun tentu enak ya, Moms. Hawa dingin yang dirasakan, pasti segera hilang. Karena memang sudah bukan rahasia umum lagi kalau air jahe cukup ampuh untuk menghangatkan tubuh. Tapi sebenarnya, manfaat jahe tidak hanya sebatas menghangatkan tubuh, Moms. Ada banyak manfaat jahe lainnya yang Moms harus tahu. Namun selain manfaatnya, Moms juga harus tahu risiko mengonsumsi jahe. Biar nggak penasaran, yuk Moms simak ulasannya berikut ini.

Lawan Penyakit Kronis

Manfaat Jahe yang pertama adalah dapat melawan penyakit kronis. Jahe merupakan tanaman anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas. Moms bisa terpapar radikal bebas dimana saja, seperti sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, dan bahan kimia industri. Nah, Radikal bebas ditengarai menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf. Karena itu, Moms harus menangkalnya dengan jahe.

Lawan Penyakit Kronis
Image Source:https://bali.idntimes.com/
Menurunkan Berat Badan

Untuk Moms yang sedang menjalankan program diet, jahe bagus banget nih untuk Moms. Tahukah, Moms? Minum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja. Ternyata,  jahe mampu mengendalikan kadar gula dalam darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak. Bagus banget kan, Moms?

Menurunkan Berat Badan
Image Source:https://hellosehat.com/
baca juga
Melawan Peradangan Rematik

Jika Moms memiliki masalah peradangan pada sendi, Moms bisa mengonsumsi air jahe secara rutin. Karena air jahe dapat mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron berfungsi menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Melawan Peradangan Rematik
Image Source:https://www.honestdocs.id/
Menghilangkan Mual

Manfaat jahe yang keempat adalah menghilangkan mual. Kalau yang satu ini tentu sudah banyak yang tahu ya, Moms. Minum air jahe bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk rasa mual yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, bahkan karena kehamilan.

Menghilangkan Mual
Image Source:https://www.fimela.com/
baca juga
Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tahukah, Moms? Jahe ternyata mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Sebuah penelitian dari Iran menambahkan, di Iran menemukan bahwa jahe dapat menurunkan gula darah puasa dan kadar HbA1c dalam darah. Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis. Wah, hebat kan, Moms?

Mengendalikan Kadar Gula Darah
Image Source:https://www.alodokter.com/
Efek Samping Air Jahe

Meski memiliki banyak manfaat, namun Moms juga harus memperhatikan risiko ketika mengonsumsi jahe.  Karena jika dikonsumsi secara berlebihan Moms akan merasakan beberapa efek samping seperti  sakit perut, perut kembung terasa panas, hingga mulas dan diare. Konsumsi jahe dalam bentuk apa pun juga dikhawatirkan menimbulkan interaksi berbahaya jika Moms sedang minum obat pengencer darah. Sebaiknya Moms mengonsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram jahe per hari. Jadi cukup. Karena segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik kan, Moms.

Okay, itu tadi manfaat dan risiko ketika mengonsumsi jahe. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles