comScore
Share by :

3 Cara Membuat Origami Bentuk Binatang, Kegiatan Seru dan Kreatif Bersama Anak

Bookmark
Image Source:https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/2KPH1Skct8-nPbDxTNEK5THVguo=/680x383/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/2584505/original/083720800_1546667989-origami-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan-pikiran.jpg

Seni melipat kertas indah atau origami ternyata dapat dijadikan mainan dan bahan pembelajaran anak yang sangat mendidik lho, moms. Bila anak moms tak terpisahkan dengan gadget yang dimilikinya, maka tidak ada salahnya jika moms menyingkirkannya sejenak dan mengajak si kecil untuk menjelajahi dunia kreativitas melalui seni melipat kertas ini. Selain menyenangkan, moms juga bisa memanfaatkan kegiatan membuat origami bersama si kecil sebagai bonding time. Berinteraksi bersama anak selama proses pembuatan origami bisa mendekatkan moms dan anak melalui komunikasi dua arah yang tercipta. Ada banyak bentuk yang bisa dibuat bersama. Contohnya origami berbentuk binatang yang sangat disukai oleh anak-anak. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Origami sebenarnya berasal dari dua kata, yaitu ori dan kami yang berasal dari bahasa Jepang sesuai dengan asalnya berada. Ori berarti lipat dan kami berarti kertas. Dari situ dapat disimpulkan mengenai arti origami, yaitu melipat kertas. Seni melipat kertas ini sebenarnya memiliki variasi ragam cerita asal usulnya. Namun, bukti paling kuat diklaim berasal dari Jepang karena di sana tidak bisa lepas dari kegiatan seni melipat kertas ini.

3 Cara Membuat Origami Bentuk Binatang, Kegiatan Seru dan Kreatif Bersama Anak

Manfaat Membuat Origami Bersama Anak

Tahukah moms, Sebenarnya, membuat origami sebagai aktivitas seru bersama anak ini banyak sekali manfaatnya. Diantaranya, yaitu:

  • Dapat memperkuat kemampuan motorik halus dan dapat mendukung konsentrasi pada anak. Pada saat proses pembuatan origami, si kecil akan belajar hal baru dengan membuat pola lewat lipatan kertas. Proses ini juga akan melatih ingatan pada tahap-tahap saat membuat origami. Tingkat kesulitan pembuatan berbagai bentuk origami juga dapat melatih anak untuk bisa menyelesaikan masalah. Hal ini juga dapat mendukung koordinasi otak dengan kontrol motorik yang baik bagi tumbuh kembang mereka.
  • Anak dapat belajar mengikuti arahan dan bersikap sabar. Moms bisa melatih si kecil dalam memahami dan mematuhi arahan saat membuat origami. Hal ini juga akan melatihnya untuk berkonsentrasi, bersabar, serta disiplin jika ingin mendapat hasil yang baik. Melalui proses ini, moms juga bisa mendapat gambaran mengenai seberapa tangkas dan tanggap si kecil dalam mengikuti arahan. 
  • Dapat melatih daya visual spasial anak. Saat proses membuat berbagai bentuk origami, si kecil akan belajar memahami bangun, bentuk, dan ruang yang menjadi bagian dari daya visual spasial anak.
  • Dapat untuk mengenalkan matematika sederhana. Pada proses pembuatannya, secara tidak langsung moms juga bisa turut memperkenalkan bangun ruang, seperti bentuk kubus, trapesium, dan lainnya yang juga menjadi bagian dari matematika. Moms bisa sekaligus melatih anak dalam mengenali bangun ruang, rumus untuk menyelesaikan soal geometris, mengingat tabel perkalian, pembagian, atau lainnya dengan cara yang lebih seru. Selain itu, lewat bentuk beragam dan kertas warna-warni, hal ini diharapkan dapat menurunkan kadar stres anak-anak yang merasa kesulitan terhadap matematika.

Cara Membuat Beragam Seni Origami Berbentuk Binatang

Untuk membuat seni origami, pertama tentunya yang perlu disiapkan adalah kertas origami. Moms bisa dengan mudah mendapatkannya di toko-toko. Lalu, bisa pula dilengkapi dengan peralatan lainnya seperti pensil warna, spidol, krayon atau pewarna lainnya guna memberikan bentuk mata dan sebagainya. Untuk jenis bentuknya pun sangat beragam dalam pembuatannya.
 
Contohnya pada kesempatan kali moms bisa mencoba membuat bentuk kupu-kupu, ikan, dan bebek. Langkah-langkah membuatnya silahkan disimak di bawah ini.

baca juga

Origami Kupu-Kupu

3 Cara Membuat Origami Bentuk Binatang, Kegiatan Seru dan Kreatif Bersama Anak
  1. Buatlah garis diagonal pada lembar kertas origaminya.
  2. Putar kertas lipatnya seperti pada gambar 2.
  3. Bentuk lipatannya sehingga membentuk segitiga.
  4. Pada salah satu sisinya, lipat kedua ujung lancip ke arah atas seperti gambar 4
  5. Putar dan lipat lagi melewati garis. Lalu, putar dan lipat ke belakang. Lipat sepanjang garis tengahnya.
  6. Tekuk seperti gambar nomor 6, dan origami kupu-kupu sudah jadi.

Origami Ikan

3 Cara Membuat Origami Bentuk Binatang, Kegiatan Seru dan Kreatif Bersama Anak
  1. Lipat kertas ke arah atas secara horizontal sehingga membentuk persegi panjang. Buka lipatan kertasnya dan ulangi langkah sebelumnya.
  2. Buka kembali lipatan kertasnya dan lipat lagi secara diagonal sehingga membentuk segitiga. Ulangi satu kali pada sisi kertas yang lain.
  3. Buka lipatan dan lipat kertas ke arah dalam. Ulangi pada sisi yang lainnya sehingga masing-masing tepian kertas bertemu di tengah. Lalu, lipat bagian atas dan bawah kertas ke arah dalam sehingga bertemu di tengah. Buka kertas bagian atas kertas ke arah luar sehingga membentuk lekukan.
  4. Lipat lekukan tersebut sehingga kertas berbentuk seperti perahu. Ulangi langkah sebelumnya pada bagian kertas yang lain sehingga kertas akan terbentuk segi enam. Tarik sudut kertas ke arah luar bawah dan lipat bagian sudut kertas yang lain ke arah dalam sehingga masing-masing tepiannya bertemu di tengah. Pada sisi bawah, pastikan lipatan lain ditarik sedikit ke arah luar sehingga berbentuk seperti ekor.
  5. Balik kertas terlihat bentuk ikannya, lengkap dengan sirip dan ekornya. Moms bisa menghias bagian badan, kepala, dan mata ikan dengan pensil.
baca juga

Origami Bebek

3 Cara Membuat Origami Bentuk Binatang, Kegiatan Seru dan Kreatif Bersama Anak
  1. Lipat tengah kertas untuk membuat lipatan dan lipat bagian lainnya kembali. Lalu, lipat bagian pinggirnya hingga bertemu dengan garis tengah.
  2. Lipat bagian pinggirnya hingga bertemu dengan garis tengah. Lalu, lipat salah satu ujungnya ke belakang. Lipat setengah seperti gambar nomor 2.
  3. Lipat sesuai bentuknya dan lipat sisi lainnya membentuk tudung seperti gambar nomor 2
  4. Lipatlah kebelakang dan bentuk kepala bebeknya. Moms bisa menambahkan gambar mata pada kedua sisinya.

Silahkan dicoba ya moms untuk aktivitas seru dan kreatif bersama anak. Jangan lupa, hasilnya bisa digantung sebagai hiasan ataupun untuk media bermain anak-anak.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles