comScore
Share by :

5 Kelebihan Bertanam Metode Hidroponik Dibanding Tanam Biasa

Bookmark
Image Source:https://mommyasia-public.oss-ap-southeast-5.aliyuncs.com/photo/temporary/549aeb16cb0ebd776f98691401bb27e9.jpeg

Hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan air sebagai media utama, serta menekankan pada pemenuhan nutrisi tanaman. Bertanam dengan metode hidroponik ini sudah diterapkan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sebab, metode ini dinilai memilki banyak keuntungan dibanding dengan sistem tanam biasa loh moms. Yuk simak keuntungan bertanam hidroponik berikut ini!

Tahan Serangan Penyakit dan Hama
Hidroponik yang media utamanya ialah air, nutrisi tanaman di alirkan melalui akar tanaman. Hal ini menjadikannya lebih tahan terhadap serangan penyakit dan hama yang asalnya dari tanah, atau hama pada tanaman biasa. Disamping itu, bertanam hidroponik biasanya dilakukan pada tempat dengan kondisi yang mudah dikendalikan. 

Meski demikian, serangan hama dan penyakit tetap berpotensi pada tanaman hidroponik, moms. Untuk mengurangi resiko tersebut, sebaiknya kontrol tanaman secara berkala dan pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup. Usahakan pula tanaman hidroponik jauh dari semak-semak, rumput liar, atau barang-barang yang dapat menjadi tempat bersarangnya serangga atau hama. Sehingga, jika tampak ada hama atau penyakit bisa segera diatasi sebelum menyebar luas.

5 Kelebihan Bertanam Metode Hidroponik Dibanding Tanam Biasa

Mengurangi Pestisida
Berbagai jenis hama yang muncul dari batang dan daun, seperti serangga, kutu tanaman, dan ulat masih dapat berpotensi menyerang tanaman. Namun karena bertanam hidroponik tidak menggunakan tanah, setidaknya tanaman dengan metode ini tahan dari serangan hama yang berasal dari tanah. Moms,  dapat meminimalisir penggunaan pestisida yang sebenarnya juga tidak terlalu baik untuk kualitas tanaman.

Membutuhkan Air yang Lebih Sedikit
Keuntungan bertanam hidroponik dibanding tanam biasa berikutnya adalah lebih hemat air. Meskipun media utama adalah air, ternyata malah tidak membutuhkan banyak air lho, moms. Hal tersebut dikarenakan tanaman hidroponik lebih menekankan pada pemberian nutrisi tanaman, serta tidak perlu disiram atau diairi dalam jumlah yang besar. contohnya saja jika tanaman biasa memerlukan 10 liter air untuk setiap minggunya, tanaman hidroponik hanya memerlukan 1 liter saja.

Bisa Menggunakan Lahan Sempit
Memiliki lahan atau halaman yang sempit kini tidak lagi menjadi kendala untuk bercocok tanam moms, karena metode tanam hidroponik menjadi salah satu solusi tepat bagi yang memiliki lahan terbatas. Peletakan tanaman hidroponik bisa pada dinding atau digantung. Medianya pun bisa menggunakan pipa atau botol bekas, sehingga lebih hemat ruang. 

5 Kelebihan Bertanam Metode Hidroponik Dibanding Tanam Biasa

Pertumbuhan Tanaman yang Lebih Cepat
Jika dibandingkan dengan tanaman biasa, tanaman hidroponik tumbuh lebih cepat. Hal itu disebabkan karena nutrisi yang terkandung dalam air lebih mudah diserap oleh akar. Tanaman juga tidak membutuhkan banyak energi untuk menyerap nutrisi sebagaimana tumbuhan dengan sistem tanam biasa. Media pada tanaman hidroponik juga lebih steril dan tidak mengandung bibit penyakit atau hama yang biasa berada di dalam tanah. 

Itulah beberapa keuntungan bertanam hidroponik dibanding dengan sistem tanam biasa yang mungkin belum banyak diketahui. Jadi moms, tidak perlu ragu mencobanya. Semoga bermanfaat.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles