comScore
Share by :

5 Tips Memilih Hewan Kurban Jelang Idul Adha, Jangan Asal Gemuk Ya!

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/c7d63989c94be9a4c7f7c5923ed229b8.jpeg

Nggak terasa ya kalau kita sudah mau merayakan Idul Adha lagi. Di tahun ini, hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Nah, bicara soal Idul Adha, nggak lengkap rasanya kalau nggak membahas soal kurban. Jika tahun ini Moms sudah mantap untuk berkurban, jangan asal beli hewan kurban yang gemuk ya. Soalnya, gemuk bukan berarti hewan tersebut sehat lho. Yuk simak 5 rahasia memilih hewan kurban paling tepat ini!

1. Pilih yang tak ada cacat sedikit pun
1. Pilih yang tak ada cacat sedikit pun

Moms harus benar-benar cermat memilih hewan kurban. Saat membelinya, Moms pastikan dulu jika hewan tersebut sempurna alias tidak memiliki cacat sedikit pun ya Moms. Jika memiliki cacat, maka hewan terebut tidak sah untuk disembeli saat hari raya Idul Adha. Terdapat beberapa cacat yang membuat hewan kurban menjadi tidak sah salah satunya yakni buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya.

2. Memiliki nafsu makan yang baik
2. Memiliki nafsu makan yang baik

Kesehatan hewan kurban juga nggak bisa Moms lupakan begitu saja. Walau Moms hanya bertemu hewan kurban incaran Moms sekali, tapi Moms bisa melihat dari nafsu makannya. Bagaimana cara hewan tersebut mencerna makanannya dan seberapa sering hewan itu makan. Semakin memiliki nafsu makan yang baik, maka hewan tersebut semakin sehat lho Moms.

baca juga
3. Lihat dengan jelas tiap bagian tubuh hewannya
3. Lihat dengan jelas tiap bagian tubuh hewannya

Dilasir dari cermati.com, Moms juga harus teliti memperhatikan setiap bagian tubuh dari hewan tersebut. Cari hewan yang bersih pada bagian mata. Kelopak mata yang berwarna pucat atau kuning tidak disarankan karena hewan yang sehat memiliki kelopak mata bagian dalam dengan warna pink. Kemudian Hidung terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan yang pada umumnya berwarna merah terang. Selain itu, yang terpenting adalah proporsi tubuh yang standar, untuk sapi dan kerbau tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal.

Makna ideal bisa Anda lihat melalui kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang. Yang terakhir adalah anus, jika pada bagian anus kotor maka hewan tersebut sedang mengalami diare. Anda perlu mengingat juga, janganlah membeli hewan Qurban yang memiliki korengan karena hewan tersebut mengidap penyakit kulit sceabie yang disebabkan oleh tungau, dan kutu kecil.

4. Pilih tempat yang terpercaya dan amanah
4. Pilih tempat yang terpercaya dan amanah

Lokasi di mana Moms menemukan hewan kurban juga nggak kalah penting lho. Jika lokasinya sangat dekat dengan tempat pembuangan sampah atau limbah, maka hewan tersebut berpotensi memiliki bakteri yang terdapat dari lingkungannya tersebut. Maka, coba carilah hewan kurban yang berasal dari peternakan yang bersih.

baca juga
5. Usia hewan paling penting
5. Usia hewan paling penting

Hewan kurban yang baik adalah yang cukup usia, untuk kambing dan domba adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Nah, itulah 5 hal yang harus Moms perhatikan saat memilih hewan kurban ya Moms. Jangan sampai Moms salah pilih. Untuk bersedekah dan beribadah, harus mempersembahkan yang terbaik kan Moms?

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles