Share by :

Tips Mendidik Anak, Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Diatur

Bookmark
Image Source:https://www.verywellfamily.com/thmb/BneK0iKpaokWI97dhcIpqvQEqiw=/768x0/filters:no_upscale():max_bytes(150000):strip_icc()/GettyImages-651429649-5a8f2628d8fdd50037be382b.jpg

Sebagian orangtua mungkin beruntung mendapatkan anak yang penurut dan mudah diatur. Sayangnya, ada pula orangtua yang kesulitan dalam menghadapi tingkah laku dan sifat buah hatinya. Menangani anak yang susah diatur memang akan sangat melelahkan. Apalagi jika hal ini menjadi aktivitas harian yang akan menguras habis energi dan emosi. Untuk mengatasinya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan mengetahui penyebab mengapa anak selalu menolak untuk diatur. Nah, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak susah diatur. Yuk, simak!

Pola Asuh Orangtua

Percaya atau tidak, anak yang susah diatur atau selalu menolak arahan orangtua dapat menjadi cerminan bagimana sang orangtua sebenarnya mengasuhnya. Pasalnya, pengasuhan anak yang kurang tepat dapat menjadi senjata makan tuan tersendiri bagi para orangtua. Sebut saja pola asuh yang terlalu memanjakan atau orangtua yang tampak kurang konsisten dan tegas dalam menerapkan aturan pada anak-anak.

Tips Mendidik Anak, Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Diatur
Image Source:https://www.verywellfamily.com/

Kecemasan Pada Anak

Kecemasan juga dapat terjadi pada anak. Ini pula yang nantinya dapat menyebabkan anak menjadi lebih sulit untuk diatur. Pasalnya, mereka akan menjadi sulit untuk fokus dan cenderung menolak untuk diatur. Beberapa situasi tidak nyaman juga dapat membuat anak kesulitan untuk mengontrol dirinya sendiri. Termasuk untuk melakukan hal sesuatu dengan arahan orangtua dan guru.

Tips Mendidik Anak, Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Diatur
Image Source:https://www.verywellhealth.com/
baca juga

Masalah Belajar

Ketika anak sangat susah sekali diminta untuk belajar, baik itu di sekolah atau ketika mengerjakan pekerjaan rumah, ada kemungkinan ia memiliki gangguan belajar. Sebut saja anak-anak yang memiliki masalah dengan matematika hingga membuatnya sangat frustrasi dan mudah marah. Jangankan untuk meminta bantuan atau menyuruhnya melakukan sesuatu, anak yang punya masalah dalam belajarnya juga kerap melakukan ulah untuk mengalihkan masalahnya.

Tips Mendidik Anak, Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Diatur
Image Source:https://www.theepochtimes.com/

Masalah Dalam Proses Sensorik

Tantangan dalam pemrosesan sensorik juga sering menyebabkan anak menjadi lebih susah untuk diatur dan diarahkan. Hal ini biasanya muncul pada anak-anak autis atau penderita ADHD, di mana mereka merasa kewalahan dengan banyak stimulasi. Itu juga yang mengakibatkan mereka menjadi sulit mendapatkan fokus.

Tips Mendidik Anak, Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Diatur
Image Source:https://autismawarenesscentre.com/
baca juga

Labeling Anak

Terakhir, hal yang satu ini terkadang dilakukan orangtua tanpa disadari. Melabeli anak dengan sifat-sifat buruk seperti “anak yang tidak patuh,” “anak yang selalu melawan,” “anak yang susah diatur,” dan lain sebagainya akan benar-benar membentuknya seperti apa yang Mommy labelkan padanya. Itulah sebabnya Mommy harus lebih berhati-hati saat terbiasa melabeli anak dengan kata-kata atau sifat yang buruk. 

Tips Mendidik Anak, Ketahui 5 Penyebab Anak Susah Diatur
Image Source:https://www.theconversation.com/


Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak menjadi sulit untuk diatur. Jika Mommy sudah mengetahui penyebab si kecil menjadi susah diatur, Mommy dapat mencari solusi atas penyebab itu agar lambat laun si kecil menjadi lebih mudah dikendalikan.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles