comScore
Share by :

Agar Tidak Mengganggu, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kutu Rambut

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/4e13e46f24a8559f9b9789c3d1a20f7b.jpeg

Pernah mengalami masalah kutu rambut, Moms? Ihh, pasti menggangu banget ya. Kutu rambut adalah parasit yang hidup di kulit kepala dan mengakibatkan kulit kepala terasa gatal. Namun tidak hanya gatal, Moms. Kutu rambut juga dapat membuat rambut tidak sehat. Untuk miliki rambut indah nan sehat tanpa gangguan kutu rambut. Moms harus tahu nih penyebab kutu rambut dan cara mengatasinya. Simak ulasannya berikut ini ya, Moms.

Penyebab Kutu Rambut

Kutu rambut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Nah Moms perlu banget tahu nih apa penyebab munculnya kutu rambut untuk menghindarinya. Apa saja ya, Moms?

  • Kamar yang tidak bersih, Moms menjaga kebersihan kamar ternyata sangat penting, lho. Jika kamar Moms berantakan dan senang menyimpan barang-barang di kamar, besar kemungkinan kutu rambut akan mudah muncul. Karena kutu rambut termasuk parasit yang senang berdiam di tempat-tempat gelap, berdebu dan kotor. Jaga kebersihan kamar terutama bantal dan tempat tidur. Sebaiknya Moms sesering mungkin mengganti sprei dan menjempur bantal.
  • Bertukar Helm, bukan berarti Moms tidak boleh meminjamkan helm pada teman, ya. Atau Moms tidak boleh memakai helm milik ojek online. Hanya saja bertukar helm dapat mengakibatkan munculnya kutu rambut. Jadi sebaiknya Moms gunakan helm sendiri saat menggunakan ojek online.
Penyebab Kutu Rambut
Image Source:https://www.alodokter.com
  • Tertular Kutu Rambut, berinteraksi dengan orang yang memiliki kutu rambut dapat membuat Moms ketularan kutu rambut. Sebaiknya Moms menjaga jarak dengan orang yang sekiranya memiliki kutu rambut. Hal itu adalah cara terbaik agar Moms tidak terkena kutu rambut juga.
Cara Mengatasi Kutu Rambut

Meski banyak penyebab yang bisa menimbulkan kutu rambut, tapi masalah ini bisa diatasi kok Moms. Berikut cara mengatasinya:

  • Sisir Serit, cara mengatasi kutu rambut yang pertama adalah dengan sisir serit. Sisir ini berbentuk rapat, memiliki jarak antar gigi sekitar 0,2 mm. Sisir ini dibuat dengan tujuan agar dapat mengangkat lebih banyak kutu dan telur kutu, bahkan hingga yang berada dekat kulit kepala. Sebaiknya Moms menggunakan sisir serit dalam keadaan rambut yang masih basah. Karena pada saat rambut basah, maka kutu akan lebih lambat bergerak dan mudah terlihat.
  • Petroleum Jellycara mengatasi kutu rambut yang kedua adalah dengan petroleum jelly. Cara pengaplikasiannya pun mudah. Moms cukup mengoleskan petroleum jelly pada rambut secara merata. Kemudian, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan semalaman. Petroleum jelly dipercaya dapat mengatasi kutu rambut.
Cara Mengatasi Kutu Rambut
Image Source:https://www.olx.co.id/
  • Minyak Zaitun, cara ketiga mengatasi kutu rambut adalah dengan minyak zaitun. Sama seperti petroleum jelly, cara pengaplikasiannya pun juga mudah. Oleskan minyak zaitun ke rambut secara merata. Setelah itu, tutup rambut menggunakan shower cap dan diamkan semalaman. Besoknya sisir rambut agar telur kutu yang menempel di dekat kulit kepala dapat terangkat.
  • Obat Kutu Rambut, jika cara-cara tadi tidak berhasil menghilangkan kutu rambut, Moms bisa menggunakan obat kutu rambut yang dijual bebas dipasaran. 
baca juga

Nah Moms, itu tadi penyebab dan cara mengatasi kutu rambut. Jangan menunda ya, Moms. Kutu rambut harus segera diatasi agar tidak semakin mengganggu. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles