comScore
Share by :

Agar Tubuh Ideal, Ini 6 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Bookmark
Image Source:https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRgSgPWiWplzm8Uh5mGoYv11EwEZh0vtvIxL8iJYLQO9bmHi5fF

Tidak semua wanita ingin terlihat kurus dan langsing. Beberapa justru ingin tubuhnya terlihat lebih berisi agar lebih ideal. Kebanyakan orang mengira bahwa menaikkan berat badan tentu lebih mudah, hanya dengan mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya lama kelamaan berat badan juga akan bertambah. Tetapi bagi mereka yang ingin menaikkan berat badan, hal ini sulit untuk dilakukan. Tidak jarang mereka yang termasuk kurus kesulitan untuk menambah berat badan meskipun sudah makan banyak. Lalu seperti apakah cara efektif menaikkan berat badan?

Tips Menaikkan Berat Badan

Biasanya, mereka yang ingin menggemukkan badan dipicu karena beberapa hal berikut: berat badan di bawah rata-rata, omongan orang dan juga memang faktor genetik yang apabila sudah makan banyak pun tak akan gemuk. 

Tips Menaikkan Berat Badan
Image Source:https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/kenapa-diet-bikin-gemuk/amp/

Nah dari tiga hal tersebut, tentu akan ada beberapa hal lagi yang jadi perhatian. Tak semua bisa berhasil dengan cara menggemukkan badan yang sama, tapi alangkah baiknya jika cara menggemukkan badan yang Moms pilih itu sehat, tanpa harus konsumsi obat dan bahan kimia.

1. Smoothies untuk sarapan
Dibandingkan mengonsumsi soda, kopi, atau minuman lain yang tinggi kalori tetapi rendah kualitas zat gizinya, Moms dapat mencoba mengkonsumsi smoothies atau milk shake. Moms bisa menggunakan susu atau jus buah yang dibekukan sebagai bahan dasar smoothies. Menaburkan potongan kacang almond atau flaxseed juga dapat menjadi pilihan untuk menambahkan kalori terutama protein.

Tips Menaikkan Berat Badan
Image Source:https://www.urbanloka.com/simple-cooking-4-sarapan-sehat-dan-mudah-dalam-pembuatan/

2. Konsumsi camilan sehat
Makan lebih sering bukan berarti kita harus mengkonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Moms bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatan. Di kantor misalnya, Moms bisa menyediakan buah-buahan di meja, agar mudah dijangkau, bahkan saat Moms sedang sibuk bikin laporan di komputer.

Jika bosan dan ingin lebih bervariasi, tak hanya buah, Moms juga bisa pilih makanan lain yang tinggi nutrisi, seperti kacang kedelai. Namun alangkah baiknya jika Moms hindari makanan yang digoreng atau direndam dengan minyak, untuk mengurangi kadar kolesterol.

baca juga

3. Makan lebih sering
Selain makanan bernutrisi, Moms juga perlu makan lebih sering ya. Ketimbang makan tiga kali sehari dengan porsi besar, lebih baik Moms makan lima sampai enam kali dengan porsi yang kecil. Lebih sering makan akan lebih baik, karena orang kurus cenderung cepat merasa kenyang.

Tips Menaikkan Berat Badan
Image Source:http://hawagym.com/blog/2017/08/01/tak-semua-wanita-ingin-kurus-ada-beberapa-cara-menggemukkan-badan-yang-sehat/

4. Hindari junk food
Mengkonsumsi junk food dan makanan instan dengan tujuan meningkatkan berat badan bukanlah cara yang baik. Karena meskipun Moms kurus, ada suatu kondisi yang disebut skinny fat. Ini merupakan keadaan di mana seseorang terlihat kurus tetapi sebenarnya kadar lemak dalam tubuhnya lebih tinggi dari normal. Kadar lemak dalam darah seperti misalnya kolesterol total dan LDL nya juga cenderung tinggi. 

Maka dari itu memilih makanan yang kaya akan zat gizi dapat membantu menaikkan berat badan Moms sekaligus menjaga kesehatan. Misalnya pilihlah jenis kabrohidrat yang berasal dari whole grain, sayur dan buah, susu dan produk olahannya, daging, serta biji-bijian dan kacang-kacangan.

5. Konsumsi makanan kaya gizi
Cara terbaik untuk mendapatkan badan lebih berisi adalah bukan dengan mengkonsumsi sebanyak mungkin makanan berlemak dan berkadar gula tinggi, melainkan memilih makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang yang tepat.  Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.

Tips Menaikkan Berat Badan
Image Source:https://www.k24klik.com/blog/apotekonline/tips-menaikkan-berat-badan/

6. Jangan minum air sebelum makan
Selanjutnya, Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh kenyang. Sebaliknya, minum di tengah makan atau 30 menit setelahnya, ini akan membuat tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori. Moms juga bisa memesan minuman yang tinggi kalori (seperti jus buah misalnya) dibandingkan air putih agar Moms bisa tetap mendapat asupan kalori lebih.

Nah, sekarang Moms bisa menaikkan berat badan dengan mengikuti tips dan trik di atas. Selamat mencoba dan keep healthy ya!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles