Share by :

5 Buah Pantangan Ibu Hamil, Bisa Sebabkan Keguguran Hingga Kelahiran Prematur

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/b73bd14cdae93678f31ba3ade44e40ce.jpeg

Buah memang dikenal mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tapi ternyata, beberapa buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil lho. Apa saja buah yang harus dihindari ibu hamil? Simak penjelasannya, Yuk!

Buah yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang seringkali direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan pada buah-buahan dapat membantu mengatasi berbagai macam permasalahan dalam pencernaan, dehidrasi dan sebagainya. Namun ternyata tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh ibu hamil moms. Berikut beberapa buah yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah:

Buah yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil
Buah Nanas

Buah Nanas ternyata tidak cocok jika dikonsumsi oleh ibu hamil moms. Hal ini disebabkan karena buah nanas dapat menggugurkan kandungan. Buah nanas yang mengandung banyak vitamin dan mineral ini tidak baik dikonsumsi untuk ibu hamil, dikarenakan nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang bisa menyebabkan serviks melemah. Hal ini bisa mengakibatkan kontraksi dini atau bahkan keguguran. 

Buah Nanas

Selain itu, nanas juga mengandung kadar gula tinggi, apalagi jika moms memiliki penyakit diabetes gestasional, pastinya akan berbahaya bagi moms dan janin dengan memicu kontraksi rahim. Oleh sebab itu, buah nanas kurang cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

baca juga
Buah Mangga

Buah yang memiliki aroma khas dan manis ini ternyata kurang tepat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya buah yang memiliki daging tebal ini ketika matang mengandung kadar gula tinggi. Akibatnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil pada trisemester akhir, akan menimbulkan resiko diabetes. Selain itu, makanan yang mengandung banyak gula dapat mempengaruhi janin, berat badan janin bisa semakin besar sehingga sulit untuk dilahirkan secara normal.

Buah Mangga
Buah Melon

Sebagaimana buah yang lain, melon juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan. Namun ternyata tidak dianjurkan untuk ibu hamil moms. Hal ini disebabkan karena kulit luar buah melon yang dikhawatirkan tercemar bakteri, khususnya bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH. Virus tersebut dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin moms. 

Buah Melon
baca juga
Buah Anggur

Buah anggur yang biasa dimakan bersama kulitnya ini ternyata juga kurang tepat jika dikonsumsi ibu hamil moms. Pasalnya kulit anggur tersebut dapat mengakibatkan sembelit atau konstipasi bagi ibu hamil, karena kulit anggur termasuk makanan yang sulit dicerna. Tidak hanya itu moms, kandungan gula pada buah ini juga besar, sehingga dikhawatirkan berpengaruh pada berat badan janin yang menyulitkan ketika melahirkan. 

Buah Anggur

Adapun faktor lain dari luar yaitu bahaya pestisida yang disemprotkan pada buah anggur. Tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh termasuk ibu hamil.

Buah Pepaya Muda

Pepaya memang dikenal sebagai makanan yang aman untuk pencernaan moms. Tentunya pepaya yang sudah matang ya moms. Karena pepaya muda atau yang masih mentah mengandung mengandung getah yang memiliki efek sama seperti hormon oksitosin dan prostaglandin bila dikonsumsi. Dimana kedua hormon tersebut biasa digunakan untuk mendorong kontraksi rahim saat proses melahirkan. 

Buah Pepaya Muda

Nah moms, jika kamu dalam kondisi hamil maka sementara hindari makanan diatas ya agar kondisi moms dan janin sehat sampai melahirkan.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles