comScore
Share by :

Lancar Menyusui Si Kecil, Ini Rekomendasi Makanan Super untuk ASI Booster

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/5a7cf22bb86f6e77936ff050faae47b3.jpeg

Kualitas dan banyaknya jumlah ASI sangat tergantung pada apa yang Moms konsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, mengkonsumsi gizi yang seimbang akan berdampak baik terhadap kualitas ASI. Selain itu, setiap orang tidak bisa disamakan karena masing-masing memiliki tingkat keaktifan hormon prolaktin yang berbeda-beda. Tapi jangan berkecil hati jika tiba-tiba ASI kurang lancar atau berkurang, Moms bisa mengkonsumsi beberapa makanan sehat di bawah ini.

1. Chia Seeds
1. Chia Seeds

Sekilas bentuknya memang seperti selasih, namun ternyata keduanya sangat jauh berbeda. Biji chia berasal dari  jenis tanaman mint bernama Salvia hispanica yang banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan sedangkan biji selasi berasal dari tanaman selasih memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum. Nah sudah beda banget kan Moms dari segi asalnya juga. Biji chia ini banyak dipilih oleh mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau yang sedang melakukan pola hidup sehat. Memang apa sih keistimewaannya?

Biji chia mengandung serat, protein, kalsium, dan magnesium, tetapi juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Karena kandungan penting tersebut tinggi, maka biji chia dapat menjaga suplai ASI Moms tanpa perlu suplemen tambahan.
 

2. Kacang Almond
2. Kacang Almond

Selain rasanya enak untuk dijadikan cemilan atau pelengkap makanan manis, kacang almond juga sangat baik untuk meningkatkan suplai dan kualitas ASI. Kacang almond mengandung energi, protein, lemak sehat, vitamin B1, B2, B3 dan E. Kandungan gizi yang lengkap itu lah yang membuat kacang almond sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Lalu apa manfaatnya?

  • Memperkaya kandungan nutrisi ASI
  • Meningkatkan sistem imunitas bayi
  • Meningkatkan kualitas ASI
  • Menjaga berat badan Ibu selama menyusui
  • Sumber energi untuk ibu menyusui
baca juga
3. Barley
3. Barley

Barley adalah salah satu jenis biji-bijian dari keluarga gandum yang biasa digunakan untuk bahan roti, minuman dan aneka makanan lainnya. Nama lain dari barley adalah biji jelay. Barley mengandung gizi yang banyak, kaya serat dan rendah kalori sehingga sangat baik untuk meningkatkan kualitas ASI. Menurut penelitian, barley adalah sumber beta gluka dan polisakarida yang tinggi di mana kedua senyawa tersebut dapat meningkatkan hormon prolaktin untuk ASI yang melimpah. Selain membantu meningkatkan kualitas dan suplai ASI, mengkonsumsi barley juga sekaligus dapat menghidrasi tubuh Moms dengan baik.
 

4. Susu Kedelai
4. Susu Kedelai

Kabar baik bagi Moms yang vegetarian atau hanya penyuka susu kedelai. Pasalnya susu kedelai ini sangat baik untuk Moms konsumsi selama masa kehamilan dan menyusui. Selain menjadi sumber protein nabati yang sehat, susu kedelai juga mengandung banyak nutrisi yang bisa meningkatkan kualitas ASI. Nutrisi tersebut mencangkup asam folat yang tinggi, serat, karbohidrat, sumber lemak baik, zinc, dan vitamin B12. Namun ingat, konsumsilah sewajarnya ya Moms karena susu kedelai juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Itulah beberapa sumber makanan yang bisa dijadikan ASI Booster alami. Tanpa atau dengan mengkonsumsi suplemen pun ASI bisa lancar kok Moms. Kunci utamanya hanya satu yaitu Happy

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles