comScore
Share by :

Benarkah Kaldu Jamur Totole Lebih Aman dari MSG? Cari Tahu Ragam Manfaatnya Yuk!

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/6e0bc1fc3337e07905fdefa91b021441.jpeg

MSG atau Monosodium Glutamat adalah produk penyedap rasa yang terdiri dari campuran sodium dan asam glutamat. Asam glutamat sendiri merupakan salah satu jenis asam amino yang kerap ditemukan pada beragam jenis protein. Seperti yang sudah disebutkan, MSG ini sering digunakan pada banyak menu masakan untuk memberikan rasa gurih dan sedap. Sayangnya, penggunaan MSG yang terlalu sering dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan. Namun, jangan khawatir, Mommy dapat menggunakan kaldu jamur yang katanya lebih sehat untuk menyedapkan makanan. Jika masih ragu, simak ulasan mengenai kaldu jamur totole berikut ini.

Kaldu Jamur Totole

Bagi Mommy yang ingin berhenti menggunakan MSG sebagai penyedap masakan, tidak adalah salahnya untuk mencoba kaldu jamur totole. Seperti namanya, kaldu ini terbuat dari bahan dasar jamur. Siapa sangka, belakanan ini kaldu jamur totole menjadi populer untuk digunakan sebagai bumbu penyedap yang sehat pengganti MSG.

Biasanya, kaldu jamur ini dapat ditemukan di pasaran dalam bentuk bumbu kering. Meskipun terbuat dari bahan dasar nabati, kaldu ini memiliki cita rasa gurih sehingga dapat membuat masakan terasa sedap. Mommy dapat menggunakan kaldu jamur totole sebagai penambah dan penguat rasa dalam olahan masakan tanpa menggunakan kaldu sapi atau ayam yang biasanya sudah tercampur oleh MSG.

Benarkah Kaldu Jamur Totole Lebih Aman dari MSG? Cari Tahu Ragam Manfaatnya Yuk!
Image Source:https://www.orientalmart.co.uk/

Kandungan Nutrisi Kaldu Jamur

Menambahkan kaldu jamur dalam bumbu masakan untuk dijadikan sebagai penyedap ternyata dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Pasalnya, ada banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh di dalam kaldu jamur ini. Nah, berikut ini adalah daftar nutrisi yang terkandung di dalam kaldu jamur totole:

  • Magnesium
  • Kalsium
  • Vitamin B12, B6, D, C, dan A
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Lemak tak jenuh
  • Selenium
Benarkah Kaldu Jamur Totole Lebih Aman dari MSG? Cari Tahu Ragam Manfaatnya Yuk!
Image Source:https://blog.themalamarket.com/
baca juga

Manfaat Kaldu Jamur Bagi Kesehatan

Nutrisi-nutrisi dalam kaldu jamur tersebut tentu dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi kaldu jamur :
  1. Meningkatkan kualitas sel otak serta memicu agar dapat bekerja lebih baik.
  2. Menambah sumber energi yang diperlukan oleh tubuh dalam beraktivitas disebabkan kaldu jamur juga memiliki kandungan karbohidrat.
  3. Mengatasi insomnia dengan kandungan asam amino.
  4. Mencegah masuknya racun serta mengeluarkan racun yang ada di jaringan organ hati. 
  5. Menangkal perkembangan sel kanker dengan kandungan selenium.
  6. Menstabilkan tekanan darah.
Benarkah Kaldu Jamur Totole Lebih Aman dari MSG? Cari Tahu Ragam Manfaatnya Yuk!
Image Source:https://hellosehat.com/

Penyedap Rasa Vegetarian Friendly

Terakhir, tidak terlupa juga bahwa kaldu jamur totole merupakan kaldu yang bisa digunakan sebagai penyedap untuk menu makanan bagi orang-orang dengan diet vegan atau vegetarian. Pasalnya, kaldu ini terbuat dari bahan nabati. Dengan kata lain, kaldu jamur totole juga halal untuk dikonsumsi.

Benarkah Kaldu Jamur Totole Lebih Aman dari MSG? Cari Tahu Ragam Manfaatnya Yuk!
Image Source:https://starrymart.co.uk/

Jadi, apakah Mommy tertarik untuk mencoba memasak dengan kaldu jamur totole? Kaldu jamur totole sendiri dapat dibeli melalui beragam toko online terpercaya di e-commerce langgananmu. Selamat mencoba, ya!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles