comScore
Share by :

Jangan Tidur Setelah Sahur, Ini Bahaya yang Mengintai Moms!

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/451806b1322f4758eb8e82e36b0984c8.jpeg

Salah satu godaan terberat saat bulan puasa yaitu rasa kantuk yang datang sesaat setelah menjalani sahur. Biasanya, setelah makan sahur, mata terasa sangat berat dan rasanya ingin sekali kembali ke tempat tidur. Hal ini memang terlihat sepele, namun ternyata ada bahaya yang mengintai kesehatan tubuh jika hal ini dilakukan setiap hari saat bulan puasa. Kebiasaan tidur setelah sahur bisa mengundang berbagai penyakit. Apa saja?

Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan saat bulan puasa. Memang tidak dipungkiri, rasa kantuk memang selalu datang menggoda sesaat ketika setelah sahur dan sholat subuh. Namun ternyata kebiasaan ini bisa mengundang penyakit lho Moms! Sebaiknya hindari lakukan kebiasaan ini selama bulan puasa.

Tidur Setelah Sahur
Image Source:https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2017/04/shutterstock_111275759-620x350.jpg
Bahaya Tidur Setelah Sahur

Berikut ini bahaya tidur setelah sahur. Simak Yuk Moms!

baca juga

Heartburn

Heartburn yang sering dikenal dengan nyeri ulu hati atau asam lambung naik merupakan suatu keluhan yang sering terjadi jika tidur setelah makan. Sistem pencernaan akan sulit mencerna makanan apabila seseorang langsung tidur sesaat setelah makan. Salah satu gejala yang akan timbul jika terjadi masalah pencernaan yaitu nyeri pada ulu hati dan asam lambung naik.

Bahaya Tidur Setelah Sahur
Image Source:https://www.needhamgastro.com/uploads/_1200x720_crop_center-center_100/gerd-reflux.jpg

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD merupakan akibat yang timbul setelah asam lambung naik. Penyakit ini terjadi apabila klep antara lambung dan tenggorokan tidak tertutup dengan baik sehingga asam lambung akan dapat mengalir ke kerongkongan. Kebiasaan tidur setelah sahur dapat mengakibatkan timbulnya penyakit GERD setelah naiknya asam lambung.

Bahaya Tidur Setelah Sahur
Image Source:https://cdn1.medicalnewstoday.com/content/images/hero/314/314690/314690_1100.jpg
baca juga

Diabetes

Tidur setelah makan dapat menimbun lemak dalam tubuh. Jika lemak lama tertimbun, maka tubuh dapat mengalami obesitas dan dapat berujung pada penyakit diabetes. Jika tidak mau mengalami penyakit diabetes, hindari aktivitas tidur setelah sahur ya Moms!

Bahaya Tidur Setelah Sahur
Image Source:https://dailypost.ng/wp-content/uploads/2018/12/diabetes.jpg

Stroke

Sistem pencernaan dalam tubuh akan sulit mencerna makanan jika badan langsung berbaring sesaat setelah makan. Artinya, lambung membutuhkan asupan darah yang lebih banyak untuk memperlancar pekerjaan sistem pencernaan. Suplai darah terhubung antar organ satu sama lain, sampai kepad aotak. Jika asupan oksigen ke otak berkurang, maka bisa terjadi stroke.

Bahaya Tidur Setelah Sahur
Image Source:https://dailycaring.com/wp-content/uploads/2017/04/stroke-TIA690x400.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai bahaya tidur setelah makan. Semoga bermanfaat Moms!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles