Share by :

Bolehkah Ibu Hamil Makan Cumi? Ketahui Juga Tips Mengolahnya, Moms

Bookmark
Image Source:https://doy9lykf9ter0.cloudfront.net/photo/temporary/23e59415866fa5c255932cda4edbad08.jpeg

Halo Moms, selamat atas kehamilan Mommies, ya. Biasanya ibu hamil wajib menjaga asupan makanannya agar tidak berakibat buruk pada bayi yang berada di dalam kandungan. Ada makanan yang diperbolehkan dan ada juga yang tidak diperbolehkan. Salah satu makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah seafood. Cumi-cumi termasuk dalam jenis makanan seafood, bolehkah ibu hamil makan cumi? Yuk, cari tahu lebih jelasnya disini.

Kandungan Cumi-Cumi

Sebenarnya banyak manfaat cumi untuk ibu hamil, karena cumi-cumi mengandung banyak nutrisi baik. Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang bolehkah ibu hamil makan cumi? Ketahui dulu yuk apa saja yang terkandung dalam cumi-cumi.

  • Kalori dan Lemak, cumi mentah memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. Menurut situs Livestrong, setiap 100 gram cumi-cumi hanya mengandung 92 kalori dan 1,4 gram lemak. Namun setelah dimasak, kandungan nutrisi tersebut dapat berubah tergantung pada cara memasak yang dipilih.
  • Protein, cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik. Setiap 100 gram cumi-cumi menawarkan 16 gram protein, atau sekitar 30 persen dari nilai asupan harian yang dibutuhkan pria dewasa.
Image Source:https://www.liputan6.com/
  • Vitamin dan Mineral, cumi-cumi merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Setiap 100 gram cumi-cumi mengandung sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1,3 mcg vitamin B12, 4,7 mg vitamin C, dan 1,2 mg vitamin E. Selain vitamin-vitamin tersebut, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium setiap 100 gram cumi-cumi.
Bahaya Cumi untuk Ibu Hamil

Meski mengandung banyak nutrisi baik yang dibutuhkan ibu hamil, namun tetap saja ada bahaya yang dikhawatirkan akan berakibat buruk pada janin.

  • Terdapat Kandungan Merkuri, Merkuri merupakan seuatu zat kimia yang tidak dapat dicerna oleh tubuh dengan baik. Adapun dampak buruk dari merkuri yang masuk kedalam tubuh diantaraanya adalah dapat menghambat perkembangan janin pada ibu hamil. Jika Moms terlalu banyak mengonsumsi cumi-cumi ketika hamil, dikhawatirkan mempengaruhi perkembangan janin yang tidak sempurna atau cacat.
Image Source:https://bidanku.com/
  • Cumi-cumi Rentan Bakteri, cumi-cumi sangat rentan terhadap bakteri jahat seperti Vibro Parahemolyticus dan bakteri salmonella sehingga tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahaya konsumsi cumi berlebihan adalah pengaruhnya terhadap janin yang dapat menyebabkan peradangan otak dan menghambat perkembangan janin.
baca juga

Jadi, bolehkah ibu hamil makan cumi? Boleh Moms, asal tidak berlebihan, karena cumi-cumi termasuk sumber protein hewani, cumi-cumi memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Tips mengolah cumi untuk ibu hamil adalah sebaiknya Moms membersihkan dan mengolah cumi-cumi sendiri di rumah agar tetap terjaga kebersihannya. Pastikan cumi-cumi yang Moms masak benar-benar matang ya agar terhindar dari bakteri.

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles