comScore
Share by :

Waspada Kepala Bayi Terbentur, Ketahui Bahaya dan Pertolongan Pertamanya Moms!

Bookmark
Image Source:https://www.healthyway.com/wp-content/uploads/Baby-gets-Sick.jpg

Bayi belum bisa mengontrol segala sesuatunya sesuai dengan keinginannya. Tak jarang, kecelakaan malah terjadi saat bayi sedang ingin melakukan sesuatu yang ternyata belum bisa ia lakukan sendiri tanpa bantuan dari orangtua. Hal yang sering terjadi adalah kepala bayi terbentur, baik itu terbentur lantai, dinding, atau terbentur dengan mainan saat bayi hendak mengambilnya dari tempat yang tinggi. Moms harus tetap waspada jika si kepala si kecil terbentur, namun harus tetap tenang dalam menanganinya.

Kepala Bayi Terbentur

Kepala bayi terbentur merupakan hal yang sering terjadi. Faktor utamanya yaitu karena bayi belum bisa mengontrol apa yang mereka lakukan dan belum memiliki kendali dan koordinasi yang baik. Selain itu, kelalaian orangtua saat menjaga si kecil juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Reaksi yang terjadi saat kepala bayi terbentur bermacam-macam. Moms harus bisa mengenali akibat yang terjadi sesaat setelah kepala bayi terbentur.

Waspada Kepala Bayi Terbentur, Ketahui Bahaya dan Pertolongan Pertamanya Moms!
Image Source:https://www.todaysparent.com/wp-content/uploads/2016/07/what-to-do-baby-bumps-head-1024x576-1528645224.jpg

Bahaya Kepala Bayi Terbentur

Cedera yang dialami saat kepala bayi terbentur bisa saja cedera rendah, sedang, dan tinggi. Yang dapat menandai bahwa cedera pada kepala bayi merupakan cedera rendah yaitu tidak ada gangguan saraf dan tidak ada gangguan apapun saat observasi dua jam setelah terbentur. Jika terjadi mual, muntah, gangguan kesadaran kurang dari satu menit, dan terdapat benjolan yang tak kunjung hilang termasuk dalam kategori cedera sedang.

Sedangkan cedera tinggi dialami bayi apabila bayi mengalami penurunan kesadaran, gelisah, tulang kepala nampak masuk ke dalam, kejang, tulang retak, gangguan saraf, ubun-ubun benjol, muntah lebih dari 5 kali atau lebih dari enam jam, dan hilang kesadaran lebih dari satu menit.

Waspada Kepala Bayi Terbentur, Ketahui Bahaya dan Pertolongan Pertamanya Moms!
Image Source:https://images.parenting.mdpcdn.com/sites/parenting.com/files/styles/story_detail_enlarge/public/1100_story_Child_Head_Injury.jpg?itok=xigxd5nf
baca juga

Tanda Bayi Harus Dibawa ke Dokter

Berdasarkan golongan cedera rendah, sedang, dan tinggi yang telah disebutkan sebelumnya, Moms harus segera membawa ke dokter jika si kecil mengalami cedera tingkat sedang dan tinggi. Jika diperlukan dokter akan melakukan CT Scan pada kepala bayi yang terkena benturan.

Waspada Kepala Bayi Terbentur, Ketahui Bahaya dan Pertolongan Pertamanya Moms!
Image Source:https://www.evivo.com/sites/default/files/styles/media_crop/public/2018-05/Pediatrician.jpg

Pertolongan Pertama Kepala Bayi Terbentur

Jika kepala si kecil terbentur, Moms tidak perlu panik. Segera lakukan pertolongan pertama berikut ini:

  1. Kompres kepala bayi yang terbentur dengan es batu yang dibungkus handuk selama kurang lebih 20 menit, lakukan 3-4 jam sekali
  2. Jika terdapat luka, segera bersihkan dan oleskan salep khusus bayi untuk mencegah infeksi
  3. Jika terdapat gejala yang disebutkan diatas, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Waspada Kepala Bayi Terbentur, Ketahui Bahaya dan Pertolongan Pertamanya Moms!
Image Source:https://cdn1.medicalnewstoday.com/content/images/articles/322/322208/mother-holding-baby-to-chest.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai bahaya kepala bayi terbentur dan cara memberikan pertolongan pertamanya. Semoga bermanfaat ya Moms!

You should cek also

Recommended
Recommended Forum
Popular Blog
Popular Forum
Related Articles
Related Articles
My Clips
Popular Articles
Category Articles